Berdayakan ‘BUMDes’, Komitmen bank bjb Demi Pengembangan Perekonomian Masyarakat Desa

oleh
Berdayakan 'BUMDes', Komitmen bank bjb Demi Pengembangan Perekonomian Masyarakat Desa

Bewarajabar | Bandung – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menggerakkan perekonomian masyarakat di pedesaan.

Pengaturan tentang Bumdes diatur di dalam pasal 23 ayat (1) UU No. 32 Tahun 2004, bahwa desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa.

Dalam hal ini, Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten, Tbk (bank bjb) berkomitmen untuk mendukung pengembangan perekonomian desa melalui pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Garut, bank bjb Cabang Garut bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Garut untuk melakukan pemberdayaan BUMDes dengan pendekatan penthahelix.

Kegiatan ini berisi sosialisasi dan pelatihan Agen Laku Pandai bjb BiSA kepada 41 BUMDes yang merupakan pilot project dari total 415 BUMDes.

Acara yang berlangsung pada Selasa 15 Februari hingga Jumat 18 Februari 2022 ini dibuka oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman dan dihadiri oleh Pemimpin Kantor Cabang bank bjb Garut Mochammad Indra serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Garut Wawan Nurdin, Kepala Samsat Garut Dadan Supyan.

“bank bjb mendukung usaha pemerintah dalam upaya pengembangan dan pemberdayaan potensi desa yang dapat membuka akses layanan perbankan melalui Agen Laku Pandai,” ujar Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.