Brimob Polda Jabar Gelar Apel Operasi Lilin Lodaya Pengamanan Nataru 2021 –  2022

oleh

Sumedang, bewarajabar.com – Kegiatan apel gelar kesiapan personel ini dipimpin oleh Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Akbp Agung Danargito, S.I.K., M.Si., bertempat di lapangan hijau, Mako Satuan Brimob Polda Jabar di Desa Sayang, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang (22/12/2021), sedangkan diluar wilayah Sumedang dilaksanakan di masing – masing Mako Batalyon maupun Kompi.

Pada kesempatan tersebut Wadansat menyampaikan arahan Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., kepada jajaran, “Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada saat ini dimana pandemi Covid-19 belum berakhir.

Kita masih diberikan kekuatan, kesehatan dan kesempatan untuk dapat hadir di tempat ini dalam rangka melaksanakan gelar kesiapan personel, perlengkapan dan peralatan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Ops Lilin Lodaya 2021, pengamanan natal dan tahun baru di wilayah hukum Polda Jabar”.

“Selanjutnya sebagai Komandan Satuan, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota jajaran Satbrimob Polda Jabar, berkat kerja keras saudara semua, pelaksanaan tugas kita, baik yang bersifat intern kesatuan maupun operasional BKO satuan kewilayahan sampai saat ini dapat berjalan dengan baik dan lancar”.

“Secara umum, masyarakat Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat religius dan menjunjung tinggi nilai- nilai spiritual berpenduduk heterogen dari berbagai suku, agama dan ras. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, memberikan kebebasan dalam memeluk agama sebagai wujud kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa, sehingga perlu adanya perlindungan dalam menjalankan ibadah dan kegiatan – kegiatan agama lainnya”.

“Brimob Polri sebagai bagian dari Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mempunyai tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, menegakkan hukum dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta mengemban tugas pokok, menanggulangi kejahatan yang berintensitas dan berkadar tinggi, harus selalu siap untuk melaksanakan tugas bersama dengan fungsi kepolisian lainnya, dalam pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2021 yang akan segera digelar oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat”.

“Kegiatan gelar kesiapan personel, perlengkapan dan peralatan seperti yang kita laksanakan ini, merupakan langkah yang sangat tepat dalam rangka kesiapan dalam pelaksanaan tugas satuan. Melalui kegiatan ini tentunya kita dapat bersama – sama melihat kondisi kesiapan personil kita, kesiapan seluruh perlengkapan dan peralatan satuan yang kita miliki untuk siap operasional, sesuai standar yang telah ditetapkan dalam SOP, Protap maupun Perkap”.

Diakhir amanatnya Wadansat mewakili Dansat Brimob Kombes Pol. Yuri Karsono mengatakan, “Saya menghimbau untuk kita semua agar bersama – sama mempersiapkan diri, dalam melaksanakan tugas, selanjutnya saya perlu memberikan penekanan sebagai berikut :

1. Pedomani perkap nomor 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian, pada setiap pelaksanaan tugas.
2. Para komandan pasukan agar memberikan app yang jelas kepada seluruh anggotanya sebelum pelaksanaan tugas, agar tidak timbul keragu – raguan dan tidak terjadi kesalahan prosedur dalam bertindak di lapangan, untuk tugas – tugas yang dilaksanakan pada malam hari, lengkapi dokumentasi dengan video pelaksanaan tugas.

3. Petakan kerawanan yang ada di wilayah zona back up masing – masing, terlebih yang berpotensi menjadi gangguan nyata pada saat pelaksanaan ops lilin lodaya 2021 pengamanan natal dan tahun baru yang akan kita laksanakan ini.
4. Lengkapi alut dan alsus perorangan maupun pendukung kesatuan dalam setiap pelaksanaan tugas sesuai dengan sop yang telah ditentukan.

5. Tingkatkan pengamanan mako maupun kesatrian utamanya mako atau kesatrian yg jauh dari induk kesatuan, dan pedomani sop secara utuh, gunakan full gear serta lengkapi dengan cctv.
6. Tingkatkan keimanan, jaga kesehatan, jaga kekompakan dan
7. Landasi setiap pelaksanaan tugas dengan keikhlasan.**