Catat Tanggalnya! 11 Desember Ini Ada Asteroid Senilai 5 Miliar Dolar yang Mendekati Bumi, Apakah Berbahaya?

oleh

Bewarajabar.com – Berpotensi berbahaya, menurut NASA, pekan depan akan ada batu luar angkasa yang lebih besar dari Menara Eiffel yang akan memasuki orbit Bumi.

Dilansir dari laman Bisnis.com, Minggu (5/12/2021), Asteroid berbentuk telur, bernama 4660 Nereus, memiliki panjang 1.082 kaki (330 meter) dan akan menembus orbit Bumi dengan kecepatan 14.700 mph (23.700 km/jam) pada hari Sabtu, 11 Desember.

Asteroid tersebut asteroid diperkirakan akan melewati Bumi pada jarak tertentu tanpa membuat dampak, tetapi itu masih akan lebih dekat dengan kita daripada yang terjadi dalam dalam 20 tahun terakhir.

Asteroid ini akan berjarak sekitar 2,4 juta mil (3,86 juta km), sekitar 10 kali jarak antara Bumi dan bulan. Ini mungkin terdengar seperti celah yang sangat besar, tetapi menurut standar kosmik, itu sebenarnya sepelemparan batu.

NASA menandai setiap objek luar angkasa yang berada dalam jarak 120 juta mil (193 juta kilometer) dari Bumi sebagai “objek dekat Bumi” dan objek yang bergerak cepat dalam jarak 4,65 juta mil (7,5 juta km) sebagai “berpotensi berbahaya”.

Setelah ditandai, para astronom memantau objek dengan cermat, mencari penyimpangan dari lintasan yang diprediksi yang dapat menempatkan mereka pada jalur tabrakan dengan Bumi.

Pertama kali ditemukan pada tahun 1982, orbit Nereus 1,82 tahun matahari membawanya dekat dengan Bumi hampir setiap 10 tahun.

Karena Nereus sangat sering mengunjungi wilayah tata surya kita, NASA dan badan antariksa Jepang JAXA pernah mempertimbangkan untuk mengumpulkan sampel darinya menggunakan pesawat ruang angkasa Hayabusa JAXA, tetapi badan-badan tersebut akhirnya memilih asteroid yang berbeda (25143 Itokawa).

Nasa memproyeksikan bahwa Nereus akan melakukan pendekatan jarak dekat berikutnya ke Bumi pada 2 Maret 2031 dan November 2050. Kunjungan yang lebih dekat dan menggoda diperkirakan akan terjadi pada 14 Februari 2060, ketika Nereus mungkin berada dalam jarak sekitar 0,74 juta mil (1,2 juta km) dari Bumi.

Ini akan menempatkan batuan luar angkasa yang kaya mineral pada jarak tiga bulan yang menggoda dari planet kita.

Itu karena selain menjadi target untuk kerajinan robot potensial yang dikirim oleh NASA, Nereus juga merupakan hadiah yang menarik untuk penambangan luar angkasa yang prospektif.

Asterank, database yang memantau lebih dari 600.000 asteroid, memperkirakan bahwa asteroid tersebut memiliki endapan nikel, besi, dan kobalt senilai total $4,71 miliar.

Editor: kwon oca