Dalam Rangka Peringati HUT Ke-22 DWP Kota Bandung Akan Fokus untuk Tingkatkan Kemampuan Ekonomi Keluarga

oleh

Bandung, BewaraJabar — Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna berharap anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) terus memperkuat persatu dan kesatuan dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan.

Termasuk mendukung upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meningkatkan kepedulian sosial.

“Harus terus menjalin kerja sama baik dengan berbagai pihak. Juga harus meningkatkan kepedulian sosial untuk masyarakat,” kata Ema saat peringatan HUT ke-22 DWP) ke-22 Kota Bandung di Graha Binangkit, Selasa 21 Desember 2021.

Menurutnya, hal itu bisa mendukung upaya Pemkot Bandung menangani Covid-19.

“Di masa pandemi Covid-19 ini, alhamdullillah perjuangan bersama warga sampai saat ini kondisi di Kota Bandung relatif terkendali,” ujarnya.

Ema mepaparkan kondisi penangan Covid-19 di Kota Bandung relatif terkendala mulai dengan positif aktif, positifity rate, Bad Occupancy Rate (BOR) sampai pelaksaan vaksinasi yang terus dilaksanakan.

“Tetap harus antisipasi . Dengan disiplin prokes (protokol kesehatan) mulai gunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak,” katanya.

Pada peringatan kali ini, DPW mengusung tema “Bersama Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia: Mental Sehat, Bisnis UMKM pulih. Hal tersebut sebagai kewajiban DWP mendukung pencapaian visi misi Kota Bandung yang Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis.

Sementara itu, Ketua DWP Kota Bandung, Cici Ema Sumarna menyampaikan, DWP terus fokus untuk meningkatkan kemampuan ekonomi keluarga.

“Difokuskan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi keluarga melalui peningkatan ekonomi mikro kecil dan menengah. Juga meningkatkan kepercayaan diri dalam usaha serta menjaga kesehatan mental,” tuturnya.

Cici menambahkan, dengan mengusung tema Membangun Ketahan Perempuan Indonesia melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM, mampu meningkatkan pemberdayaan ekonomi.

“Tema itu diangkat untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi dan memastikan program kerja DWP mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, DPW merupakan satu organisasi mitra strategis pemerintah dalam mengimplementasikan program kerja.

“Maka tepat kalau DWP memposisikan diri sebagai mitra strategis pemerintah. Dalam rencana strategis DWP yang diimplementasikan dalam program kerja setiap bidang, mulai pendidikan, ekonomi dan sosial budaya, ” bebernya.

Di tempatkan yang sama, Penasehat DWP Kota Bandung, Siti Muntamah menerangkan, DWP mendukung penuh dalam berbagai aspek dimanika yang terjadi.

“Dukungan luar biasa bersama perubahan baik visi dan misi. Kegiatan ini tentu saja ditujukan keluarga dari ASN mendukung dengan dinamika yang dihadapi. Lakukan konsolidasi juga edukasi kemudian melakukan kebersamaan dalam kegiatan,” kata Umi sapaan akrabnya.

Menurut Umi, keluarga merupakan salah satu aspek yang kuat dalam meningkatkan kesejahteraan juga mewujudkan visi misi Kota Bandung.

“Alhamdulilah Kota Bandung visi Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis diawali dengan keluarga. DWP merupakan aspek yang terus membangun dan konsolidasi diri terciptanya keluarga ASN yang unggul,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Penyelenggara, Citra Yayan A. Brilllyana menyampaikan kegiatan DWP di antaranya seminar, webinar KUMKM, soal digitalisasi, lingkungan dan ketahanan keluarga.

“Ada tentang ODF (Open Defecation Free), donor darah dan ketahanan keluarga. Maksud dan tujuan yakni menjalin silaturahmi dan konsolidasi untuk menambah wawasan serta menggali potensi untuk menumbuhkan kreativitas,” katanya.

“Meningkatkan rasa memiliki terhadap organisasi dilandasi dengan rasa yang tulus pada organisasi sehingga menghasilkan kegiatanproduktif dan tepat sasaran,” bebernya.