Emmeril Dinyatakan Hilang Terseret Arus, Sungai Aare Apakah Aman untuk Wisatawan?

oleh
sungai-aare-di-bern-swiss
Sungai Aare di Bern, Swiss (Elements Envato)

Bewarajabar.com – Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz dinyatakan hilang terseret arus di Sungai Aare, Swiss, pada Kamis (26/5/2022) waktu setempat.

Menyadur Bogordaily.net — jaringan Suara.com, Eril, sapaan putra Ridwan Kamil itu hilang saat sedang berenang di sungai itu.

Pihak keluarga terakhir mengabarkan jika Tim SAR dan polisi Swiss tengah melakukan upaya pencarian di sungai.

Lantas apakah daerah Sungai Aare memang aman untuk wisatawan yang akan berenang? Bagaimana sejarah Sungai Aare yang menjadi lokasi hilangnya anak Ridwan Kamil?

Ternyata kawasan Sungai Aare menang dikenal dengan keindahannya yang menjadi daya tarik wisatawan. Mereka yang menikmati kawasan itu juga biasanya menyempatkan diri untuk berenang.

Mengutip situs ibukota Swiss, BERN, Sungai Aare adalah sungai terpanjang di Swiss. Sungai ini membentang sejauh 288 kilometer dan mengalir ke seluruh Swiss.

Sungai Aare juga sudah diakui sebagai salah satu warisan dunia, di mana saat ini tercatat di Situs Warisan Dunia UNESCO.

Mengalir di tiga sisi kota Bern, airnya yang berwarna biru kehijauan, sebening kristal, menjadikan sungai ini sebagai arena favorit bermain air bagi para perenang di musim panas.

Beningnya air sungai tersebut air bahkan berhasil mengubah kehidupan penduduk kota. Sungai Aare juga menjadi ciri khas keindahan Kota Tua Bern, Swiss.

Bagi masyarakat Bern, sungai Aare memiliki arti dan rasa cinta khusus. Iinilah sebabnya mereka sangat menjaga dan berhati-hati memperlakukan air sungai dan alirannya.