Heboh! Maskapai Garuda Indonesia Berubah Nama Menjadi China Airlines, Hoax?

oleh
Heboh! Maskapai Garuda Indonesia Berubah Nama Menjadi China Airlines, Hoax?
Heboh! Maskapai Garuda Indonesia Berubah Nama Menjadi China Airlines, Hoax?

BewaraJabar.com — Isu tak sedap menerpa maskapai penerbang terbesar di Indonesia, Garuda Indonesia.

Baru-baru ini beredar kabar jika Garuda Indonesia telah berganti nama menjadi China Airlines, itu artinya Garuda Indonesia telah berubah menjadi maskapai asing.

Tak hanya itu, aset Garuda Indonesia juga disebut sudah diambil alih oleh China airlines.

Kabar tersebut beredar luas di sebuah akun media sosial Facebook, kabar itu pertama kali diunggah oleh nama akun ‘Kardi Soekardi’.

Dalam unggahannya, Kardi membuat deskripsi pada bergantinya nama Garuda Indonesia menjadi China Airlines.

“Sedih banget ya kebanggaan maskapai GARUDA INDONESIA beralih nama…”tulisnya.

Lalu Kardi memposting sebuah tangkap layar artikel berita “Maskapai Garuda Indonesia diakuisis China Airlines”.

Unggahan ini menyebar luas pada saat maskapai Garuda Indonesia sedang diberitakan mengalami kebangkrutan dan tidak beroperasi lagi.

Lalu bagaimana kebenaran kabar itu?

Melansir dari Beritasoloraya.com berdasarkan situs TURNBACKHOAX.ID yang diterbitkan pada Kamis, 23 Desember 2021 ternyata berita tersebut adalah hoaks.

Secara teknis Garuda Indonesia sudah bangkrut, namun secara legal masih ada. Hal tersebut diungkap oleh Wakil Menteri Banda Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo.

Maskapai Garuda Indonesia sedang diupayakan untuk kembali normal operasionalnya oleh pemerintah dan belum ada pernyataan resmi penggantian nama.

Dari informasi yang didapat, PT Pelita Air Service (PAS) akan dipercayakan oleh pemerintah untuk menggantikan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sebagai opsi pengganti managemennya.

PT Pelita Air Service berada dibawah naungan PT Pertamina (Persero) yang beroperasi untuk kepentingan eksplorasi sektor minyak dan gas bumi, juga di bidang transportasi udara, aircraft charter, dan reguler air services.

Dari hasil penelusuran juga diketahui, artikel dengan judul “Maskapai Garuda Indonesia Diakuisisi China Airlines” hanya merupakan sebuah artikel opini.

Hoaks serupa sebenarnya pernah beredar pada tahun 2019 yang lalu, dengan bukti adanya tiket penerbangan dalam negeri yang menggunakan tiket China Airlines.

Namun hal itu ternyata hanyalah sebuah kerjasama antara Garuda Indonesia dengan beberapa maskapai asing yang tergabung dalam Sky Team, dimana Garuda Indonesia juga merupakan anggotanya.

Berdasarkan hasil penelusuran dan pengumpulan fakta, maka informasi yang disampaikan oleh akun Facebook Kardi Soekardi adalah tidak benar.

Ungahan tersebut dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan.

 

Artikel ini telah tayang di Giwangkara.com dengan judul yang sama