HUT Tribun Sumsel ke- 9, Pemkab Mura Raih Penghargaan Varietas Padi Lokal Terbaik

oleh

Musi Rawas, Bewarajabar – Dalam rangkaian puncak perayaan HUT ke-9 Tribunsumsel hari ini, Jumat (2/7/2021), melalui Video Conference Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) berhasil meraih penghargaan “Mata Lokal Awards ” kategori “Inovasi Varietas Padi Lokal Terbaik”.

Puncak perayaan HUT ke-9 Tribunsumsel hari ini telah memberikan sejumlah penghargaan baik kepada instansi pemerintah maupun swasta, yang juga diserahkan penyerahan penghargaan Mata Lokal Award dengan berbagai kategori termasuk Pemkab Musi Rawas.

Bupati Mura Hj Ratna Machmud mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas penghargaan yang diberikan Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post terhadap kinerja dari Pemkab Mura. Penghargaan yang diberikan sangat luar biasa dan menjadi penyemangat bagi Pemkab Mura untuk terus memberikan pelayanan dengan karya-karya terbaik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Mura.

Bupati Hj Ratna Machmud juga memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian dan Universitas Musi Rawas serta Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang telah melakukan penelitian dan mengembangkan varietas padi dayang rindu menjadi Muratan 1 dan Muratan 4.

“Ini adalah varietas padi yang sudah 15 tahun penelitiannya, dinamakan Muratan karena varietas ini dikembangkan oleh Pemkab Mura, Unmura dan Batan, satu hal yang membanggakan inilah salah satu wujud menuju Musi Rawas Mantab. Dan Alhamdulillah varietas padi ini juga mendapatkan penghargaan dari Tribun Sums,” kata Bupati.

Bupati juga menjelaskan bahwa pada tanggal 11 juni 2021 telah mengambil sertifikat varietas benih unggul padi muratan oleh Kementrian Pertanian RI bahwa varietas muratan tersebut sudah bisa digunakan. “Dan pada Selasa (15/6/2021) lalu, saya bersama unsur Forkopimda juga telah melakukan Panen Calon Benih Padi Sebar Dayang Muratan 1 dan Dayang Muratan 4 di Balai Benih Induk Desa D Tegal Rejo Kecamatan Tugumulyo,” pungkasnya.