ICMI Gelar Musyawarah Nasional di Kota Bandung, Oded: Suatu Kehormatan

oleh

Bandung, BewaraJabar.com — Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat menyelenggarakan Musyawarah Nasional atau Muktamar VII dan Milad ke-31 di Grand Asrilia Hotel Convention & Restaurant, Jalan Pelajar Pejuang 45 No.123, Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.

Muktamar ICMI ini diikuti oleh 450 Pengurus dari ICMI Pusat, Badan Otonom ICMI Pusat, Utusan Organisasi Wilayah (Orwil) ICMI dalam dan luar neger, dan Utusan seluruh Organisasi Daerah (Orda) Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Tujuannya, yaitu menyampaikan laporan pertanggungjawaban Pengurus ICMI Pusat tahun 2015-2021, menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, menetapkan garis besar program kerja, pedoman pokok dan kebijakan Organisasi ICMI, serta memilih Majelis Pengurus ICMI.

Dengan tajuk “Membangun Indonesia Bermartabat Menuju Indonesia Emas 2045”, Muktamar tersebut berlangsung pada 4-6 Desember 2021.

Muktamar resmi dibuka oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin yang juga Ketua Dewan Penasehat ICMI.

Selain itu, turut hadir Ketua Dewan Kehormatan ICMl, Jusuf Kalla, Ketua Dewan Pakar ICMI, Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wali Kota Kota Bandung, Oded M Danial bersama istri Siti Muntamah, serta anggota DPR RI.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengungkapkan, gelaran ini merupakan suatu kehormatan bagi Kota Bandung.

“Saya harap mereka berkenan selama di Kota Bandung, dimulai pagi pembukaan, dan akan berakhir nanti hari Senin,” katanya usai menghadiri Pembukaan Muktamar.

Menurut Oded, Kota Bandung dipilih lantaran kesepakatan ICMI secara nasional memilih ICMI Orwil Jawa Barat sebagai panitia pelaksana dan tempatnya terpilih di Kota Bandung.

“Dan itu tentu saja pertimbangannya karena Kota Bandung sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat. Kita Bandung juga kondusif dansudah bagus, baik (situasi pandemi Covid-19-nya). Karena itulah mereka memilih Kota Bandung,” ucapnya.

Oded pun berharap para pengurus ICMI yang berkumpul di Kota Bandung bisa merasa nyaman selama pembahasan, dan dapat menghadirkan pemimpin sebagai penerus estafet kepemimpinan sebelummya.

“Semoga ke depan bisa lebih baik lagi, dan juga mudah-mudahan ICMI, khususnya Orda Kota Bandung bisa terus berkolaborasi dan bersinergi dengan kebijakan pembangunan di Kota Bandung,” katanya.

“Harapan saya siapa pun yang terpilih dan dengan rumusan rumusan program mereka. Mudah-mudah ini bisa dikolaborasikan dengan kebijakan di daerah, khususnya Pemerintah Kota Bandung,” harap Oded.