Intensitas Hujan Cukup Lebat, Piket Sar Batalyon A Pelopor Satbrimob Jabar Siaga Bencana Banjir

oleh

Sumedang, bewarajabar.com – Peralihan cuaca sudah mulai kita rasakan. Cuaca beberapa hari terakhir di Jawa Barat mulai sering terjadi turun hujan, bila musim hujan turun ada beberapa didaerah yang rawan banjir. Beberapa daerah di Jawa Barat sering terjadi bencana Banjir, seperti daerah Bandung dan Sekitarnya, Minggu, 05/12/2021.

Dengan banyaknya bencana banjir yang terjadi di Jawa Barat, diperlukan antisipasi dari pemerintah khususnya lembaga-lembaga yang menangani masalah bencana, seperti Dinas Sosial, Basarnas, BPBD dan TNI Polri.

Termasuk Polri, khususnya Brimob, Satuan Brimob Polda Jabar, yang memiliki fungsi SAR, mengantisifasi rawannya bencana Alam didaerah Jawa Barat dengan selalu menyiagakan 1 Tim SAR, yang sewaktu-waktu bisa digerakan dengan cepat menuju lokasi bencana.

Pada hari ini Piket Siaga SAR di posko SAR Batalyon A Pelopor dipimpin Aiptu Hermawan, saat dihubungi di Posko SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar, Aiptu Hermawan, menyampaikan, “Daerah sekitar mako kita saja, merupakan daerah yang rawan terjadi bencana banjir, untuk itu kita 1×24 jam siaga penuh, kita berusaha untuk bisa tiba dengan cepat saat terjadi bencana,” ungkap Aiptu Hermawan.

Apalagi di saat musim hujan seperti ini , yang perlu lebih di perhatikan yaitu banjir dan longsor, karena daerah zona backup Batalyon A Pelopor Wilayahnya sebagian rawan bencana tersebut.

Selama ini Tim SAR Brimob Jabar selalu ikut hadir membantu masyarakat saat terjadi bencana Alam, baik yang dekat dengan Mako maupun kedaerah-daerah lain di Jawa Barat, mulai dari tanah longsor, banjir, Gempa bumi, kecelakaan transportasi, pencarian pendaki yang hilang dan sebagainya.

Dalam kesempatan lain Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menyampaikan, “Kita harus selalu Siap siaga mengahadapi terjadinya bencana alam, negara harus hadir saat bencana, semoga dengan kehadiran kita masyarakat merasa terbantu dan kita selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat.” Ungkapnya.