Isi Khotbah di Masjid Al Anshor Setradago, Tedy Rusmawan Sampaikan Hikmah Hijrah

oleh
Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., menjadi khatib Jumat di Masjid Al Anshor, Kompleks Setradago, Bandung, Jumat (29/7/2022). Jaja/Humpro DPRD Kota Bandung. Jaja/Humpro DPRD Kota Bandung.

Bewarajabar | Bandung – Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., menjadi khatib Jumat di Masjid Al Anshor, Kompleks Setradago, Bandung, Jumat (29/7/2022).

Dalam khotbahnya, Tedy menyampaikan hikmah Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, yang pada tahun ini jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022 dalam kalender Masehi. Tedy kembali mengingatkan jemaah betapa besar nilai hijrah Nabi Muhammad S.A.W. dari Makkah ke Madinah, yang menjadi latar peristiwa peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram.

Dalam momentum penting itu, kata Tedy, Rasulullah S.A.W. menyampaikan 4 hal penting yang bisa mengantarkan umat Muslim ke surga Allah S.W.T. Pesan pertama yakni Rasulullah S.A.W. meminta umat untuk menebarkan salam.

“Salam ini menggambarkan pesan Islam, Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh, yang datang untuk memberikan keselamatan, untuk memberikan kedamaian, memberikan hal positif dalam kehidupan ini. Kita harus berupaya mengamalkannya,” ujar Tedy.

Selanjutnya, Nabi Muhammad S.A.W. menekankan pentingnya menyambung tali silaturahmi. Apalagi sesama Muslim merupakan saudara. Rasulullah S.A.W. juga mengingatkan umat bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil aalamiin. Maka, penting bagi sesama umat untuk saling peduli, saling menjaga, dan saling membantu.

“Islam itu ajaran yang konkret. Pedulilah kita pada kaum dhuafa. Berinfaklah dalam kondisi lapar, atau dalam kondisi sempit sekali pun. Kalau di Sunda mah, ‘kahartos, karaos’,” tuturnya.