Jaga Imunitas dan Kesehatan, Pemkot Bandung Jadwalkan Gowes Bareng di Hari Jumat

oleh

Bandung, BewaraJabar — Di masa pandemi Covid-19, perlunya menjaga kesehatan juga imunitas. Mulai dari makanan, vitamin hingga istirahat yang cukup. Tak hanya itu, pembatasan mobilitas pun menjadi penting untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Kita ajak para karyawan (Pemkot Bandung) untuk gowes bareng. Minimal tiap hari Jumat kita bersepeda,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di sela-sela Talkshow di RaseFM Radio, Senin 31 Januari 2022.

Menurut Yana, dengan bersepeda memiliki manfaat yang cukup banyak. Mulai dari udara, gaya hidup hingga kesehatan juga.

“Dengan sepeda ini manfaatnya baik, seperti lifestyle, udara yang bersih juga hemat energi,” katanya.

Ia mengaku, masih aktif bersepeda. Sesekali ia juga gowes tipis-tipis seputaran Kota Bandung.

“Masih (aktif bersepeda), Insyaallah, ” katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJP) Paramarta, Mega Febrianora mengatakan, berolahraga sepeda baik untuk kesehatan jantung.

“Bisa banget, bersepada itu baik selain berolahraga renang. Semua itu baik, intinya aerobik,” kata Mega.

Namun Ia menjelaskan, sebelum berolahraga perlu melakukan pemanasan. Hal itu agar otot tidak terlalu tegang sehingga meminimalisir terjadinya keram pada otot.

“Terpenting olahraga itu pemanasan. Lakukan itu dulu sebelum mulai olaharaga,” katanya.

Perlu diketahui, adapun berbagai manfaat berolahraga sepeda secara rutin untuk kesehatan di antaranya, meningkatkan kekuatan otot, mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, menstabilkan diabetes.

Tak hanya itu, adapun manfaatnya, menurunkan risiko depresi, meningkatkan sistem imun tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker serta membantu mengatasi insomnia.