Juara! Tim Pencak Silat Bertema Asal Kota Bandung Raih Medali Emas Fornas VI Palembang

oleh

Bewarajabar | Bandung – Tim pencak silat bertema asal Kota Bandung berhasil menyabet medali emas untuk Jawa Barat pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI yang diadakan di Palembang dari 1-7 Juli 2022.

Tim ini beranggotakan 10 pencak silat berlaga dalam satu kelompok.

Pelatih Pencak Silat Gelar Pusaka Pusat, Ade Suhana menyampaikan, timnya telah melakukan persiapan selama dua bulan penuh sebelum berlaga di Fornas.

“Persiapannya lumayan cukup memakan waktu. Dua kali dalam seminggu selama dua bulan kami latihan di Gedung YPK Naripan,” ujar Ade kepada Humas Kota Bandung, Selasa, 5 Juli 2022.

Dari 10 orang atlet yang diterjunkan, dua di antaranya masih duduk di SD, selebihnya berstatus siswa SMP.

“Ada satu orang yang sudah dewasa juga, sesepuhnya. Sebab dalam pertandingan pencak silat bertema ini, tidak ada batas usianya,” ucapnya.

Pada nomor tim bertema, setiap tim wajib menampilkan atraksi pencak silat cengan alur cerita.

Tim Jabar memilih cerita berlatar belakang zaman kolonial Belanda. Berkisah tentang hidup tragis seorang pendekar silat beranama Barda Mandrawata dari perguruan silat Elang Putih.

Hidupnya hancur setelah tunangannya, Marni Dewanti, ayah, dan seluruh saudara seperguruannya meninggal di tangan pendekar misterius yang dijuluki si Mata Malaikat.

“Dia pun balas dendam, tapi dengan ‘bayaran’ harus kehilangan penglihatannya. Ia pun secara tidak sengaja menemukan gua angker tersembunyi dan berhasil mempelajari ilmu langka dalam gua tersebut,” jelasnya.