Kasat Binmas Polrestabes Bandung : Melawan Covid-19, Cinta Terhadap Negara dan Bela Negara

oleh

Bandung, bewarajabar.con – Melawan Covid-19, merupakan bagian dari kecintaan terhadap negara untuk membela negara. Disiplin mematuhi ketentuan pemerintah, tentang disiplin protokol kesehatan juga termasuk bela negara.

Demikian dikatakan Kasat Binmas Polrestabes Bandung, AKBP Sukana Hermansyah, SH, MM, dalam kesempatan bincang-bincang dengan bewarajabar.com, di halaman Mako Sat Binmas Polrestabes Bandung, Jl. A. Yani 282 Bandung, Rabu pagi, 09 Desember 2020.

” Ruang Publik atau tempat-tempat umum menjadi tempat yang sangat berbahaya, bagi masyarakat saat ini mengingat paparan Virus Corona di kota Bandung, bersumber salah satunya di tempat yang sering didatangi oleh banyak masyarakat,” ungkapnya

Kali ini lebih gencar lagi dalam menerapkan aturan dari Protokol kesehatan, karena Kota Bandung meningkat statusnya menjadi zona merah dan diberlakukan PSBB Proposional. Operasi Yustisi Penegakan Disiplin juga, dilakukan bukan saja di jalan raya. Tapi lebih efektif lagi disasar ke jalan kecil atau gang.

” Karena kalau di dalam gang, masarakat jarang memakai masker, apalagi menjaga Jarak dan mencuci tangan. Untuk itulah kepada seluruh lapisan masyarakat dengan berbagai macam profesi. Dihimbau untuk membiasakan diri dalam menerapkan 3M Protokol kesehatan WHO, seperti Memakai Masker, menjaga Jarak dan Mencuci Tangan, mengingat saat ini angka kasus Positif Covid-19 di wilayah Jawa Barat khususnya Kota Bandung mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

Pada Saat ini Indonesia sudah memasuki fase Gelombang Kedua penyebaran Virus Corona yang mana masyarakat harus disiplin dalam menerapkan Protokol kesehatan WHO saat mereka beraktivitas diluar rumah, untuk itu jajaran Polrestabes Bandung Polda Jabar, terus menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk membiasakan diri menerapkan Protokol kesehatan tersebut secara rutin dengan cara memberikan himbauan serta edukasi kepada masyarakat ” ujarnya.

Menyinggung masalah Kampung Tangguh Nusantara atau Lembur Tohaga Lodaya (LTL) Kasat Binmas menuturkan, untuk di kota Bandung ini ada 232 LTL tiap kelurahan, bahkan sampai ke Tingkat RT dan RW, cuma yang aktif hanya beberapa LTL

Untuk itulah Kasat Binmas menghimbau, agar LTL yang sudah berdiri supaya diaktifkan kembali. Begitu juga ribuan Komunitas Tohaga Lodaya yang tersebar di Kota Bandung, agar aktif membantu pemerintah, TNI-Polri mendisuplinkan masyarakat, sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai duta atau pelopor pendisiplinan masyarakat.

” Kasus Terkonfirmasi Virus Corona di wilayah Kotta Bandung kembali bertambah, untuk itu Polri akan terus berupaya untuk memberikan himbauan maupun edukasi kesehatan, kepada seluruh lapisan masyarakat mengingatkan akan pentingnya penerapan Protokol kesehatan”, tandas AKBP Sukana Hermansyah.*