Kepala Kesbangpol Jabar: Bela Negara Bukan Hanya Tugas TNI dan Polri

oleh
Kepala Kesbangpol Jabar: Bela Negara Bukan Hanya Tugas TNI dan Polri
Kepala Kesbangpol Jabar: Bela Negara Bukan Hanya Tugas TNI dan Polri

Kab. Bandung, BewaraJabar — Bela Negara adalah tekad, sikap dan perilaku, serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara, yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, Iip Hidayat mengatakan, nilai-nilai dasar bela negara tersebut adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara; setia pada Pancasila sebagai ideologi negara; rela berkorban untuk bangsa dan negara; serta kemampuan awal bela negara. Implementasi dari 5 nilai dasar bela negara inilah yang harus terus dikembangkan dalam setiap kesempatan.

“Bela negara adalah upaya mempertahankan dan meningkatkan kewaspadaan diri dan lingkungan dari ancaman internal dan external negara,” ucap Iip, dalam acara pengukuhan Duta Bela Negara Jabar di Taman Buru, Gunung Masigit Kareumbi, Kabupaten Bandung, Kamis (23/12/2021).

“Tugas bela negara bukan hanya tugas TNI dan polri semata. Namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia, sebagai bagian dari komponen bangsa,” imbuhnya.

Menurut Iip, dengan melaksanakan kewajiban bela negara, merupakan bukti dan proses bagi seluruh warga negara untuk menunjukkan kesediaan mereka dalam berbakti pada nusa dan bangsa, serta kesadaran untuk mengorbankan diri guna membela negara.

“Terkait dengan hal tersebut, Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Pemilihan Duta Bela Negara Tingkat Provinsi Jabar,” katanya.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyebarkan semangat bela negara di kalangan generasi muda, yang berujung pada tumbuhnya nilai-nilai nasionalisme dan cinta tanah air, serta terwujudnya Jabar Juara Lahir Bathin,” tambahnya.

Kegiatan Pemilihan Duta Bela Negara diikuti oleh pelajar dan mahasiswa yang merupakan perwakilan dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Proses pentahapan Pemilihan Duta Bela Negara Tingkat Provinsi Jawa Barat dimulai dari pendaftaran peserta, seleksi administratif, pengumuman hasil seleksi Kabupaten/Kota, kegiatan webinar, dan puncak acara adalah kegiatan Camp Duta Bela Negara Tingkat Provinsi Jawa Barat sekaligus pengukuhan Duta Bela Negara Tingkat Provinsi Jawa Barat oleh Gubernur Jawa Barat. Camp Duta Bela Negara Tingkat Provinsi Jawa Barat berlangsung pada 20 – 23 Desember 2021 di Kawasan Konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi, Kabupaten Bandung.

Program Camp Duta Bela Negara Tingkat Provinsi Jawa Barat, dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Yayasan Wanadri. Selama pelaksanaan acara, peserta Duta Bela Negara akan diberikan materi yang terkait Wawasan Kebangsaan, Nasionalisme, Bela Negara, Lingkungan Hidup, serta Kepemimpinan. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan Camp Duta Bela Negara, para peserta akan kembali ke daerah asal dengan membawa bekal nilai-nilai bela negara untuk di sosialisasikan kepada para generasi muda.