Mau Wisata ke Lembang? Perhatikan dulu Kebijakan Ini

oleh
Kebijakan ganjil genap mulai diberlakukan hari ini di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Ratusan kendaraan pun diputarbalik lantaran terjaring ganjil genap pada hari ini, Sabtu (4/9/2021).

Kab. Bandung Barat, BewaraJabar — Kebijakan ganjil genap mulai diberlakukan hari ini di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Ratusan kendaraan pun diputarbalik lantaran terjaring ganjil genap pada hari ini, Sabtu (4/9/2021).

Pola ganjil genap sendiri diberlakukan Satlantas Polres Cimahi di ruas Jalan Raya Lembang tepatnya di Simpang Beatrix serta Simpang Grand Hotel selama dua hari ke depan, Sabtu serta Minggu sejak pagi hingga sore hari.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto mengungkapkan jika sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, setidaknya ada 107 kendaraan wisatawan dengan plat nomor luar Bandung Raya diputarbalik di Simpang Beatrix.

“Sampai siang ini sudah 107 mobil wisatawan yang plat nomornya ganjil dan dari luar daerah diputarbalik,” ungkap Sudirianto kepada wartawan.

Sudirianto menjelaskan jika kendaraan wisatawan dari arah Cisarua menuju kawasan Lembang terjaring ganjil genap, maka akan diarahkan menuju Bandung. Sementara kendaraan wisatawan dari arah Bandung menuju Lembang, akan diarahkan ke Cisarua.

“Kendaraan yang dari arah Bandung, karena hari ini tanggal 4 atau genap, maka yang ganjil ditekuk kiri ke arah Cisarua. Yang dari arah Cisarua menuju Lembang, ditekuk kanan ke arah Bandung,” kata Sudirianto.

Sementara kendaraan dari arah Subang yang menuju ke Lembang sendiri sudah disekat oleh Jajaran Polres Subang. Sehingga pihaknya lebih fokus pada pelaksanaan ganjil genap di wilayah Lembang.

“Kalau kendaraan dari arah Subang kan sudah disekat oleh Polres Subang. Makanya kita fokus ganjil genap di sini saja,” tegas Sudirianto.

Pola ganjil genap tersebut diharapkan bisa menekan mobilitas wisatawan dari luar daerah yang bakal berlibur di kawasan wisata Lembang kendati saat ini objek wisata masih belum diizinkan beroperasi. Namun restoran dan kafe sudah boleh melayani dine in selama PPKM Level 3 diterapkan.

Berdasarkan pantauan detikcom mulai ada peningkatan volume kendaraan wisatawan di ruas Jalan Raya Lembang sendari belum signifikan. Pihak kepolisian sendiri memprediksi puncak kedatangan wisatawan terjadi pada Minggu pagi.

“Hasil pantauan kami belum ada peningkatan signifikan, masih didominasi kendaraan berpelat nomor aglomerasi Bandung Raya. Ganjil genap sendiri kita lakukan juga di Cimahi dan Gerbang Tol Padalarang,” terang Sudirianto.