Peringati Harganas, DPPKB Gelar Vaksinasi Massal

oleh

Bandung, Bewarajabar — Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung bakal menggelar vaksinasi massal di Sport Jabar Arcamanik Kamis, 24 Juni mendatang.

Vaksinasi ini diperuntukan bagi warga Kota Bandung yang berusia di atas usia 18 tahun. Targetnya, sebanyak 2.100 penerima vaksin.

Vaksinasi ini merupakan bagian dari peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) pada 29 Juni.

Kepala DPPKB Kota Bandung, Andri Darusman mengungkapkan, vaksinasi massal dinilai tepat dilakukan pada Harganas 2021. Sebab, saat ini klaster keluarga dinilai cukup meningkat.

“Ini untuk umum tapi datanya nanti oleh tiap kecamatan, pendataan dikoordinasikan oleh camat. Tapi sasaran diutamakan dari lingkungan Arcamanik, Antapani, Cinambo, Mandalajati,” ungkapnya pada Bandung Menjawab di Auditorium Balai Kota Bandung, Selasa 22 Juni 2021.

“Polsek dan Forkopimcam ikut mengatur. Artinya waktunya diatur, misalkan per jam 200 orang. Sehingga tidak terjadi penumpukkan di lokasi vaksinasi,” ucapnya.

Kemudian, terang Andri, pada Harganas nanti Pemerintah Kota Bandung melalui DPPKB akan serentak memberikan pelayanan KB bagi masyarakat.

“Kita pusatkan di Klinik Kartini Jalan Pahlawan, kita ada pelayanan implan, suntik, pil, dan lain-lain. Hanya memang Bandung ini siaga satu jadi tidak khusus di satu titik tapi di masing-masing bidan tiap kewilayahan ada untuk melaksanakan pelayanan KB,” terangnya.

Selain itu, DPPKB juga masif melakukan wawar mupen alias mewawar melalui mobil unit penerangan di masa pandemi guna mencegah klaster keluarga, dengan menyosialisasikan protokol kesehatan.