Reaksi Kapolri Listyo Sigit soal Tagar PercumaLaporPolisi hingga 1Hari1Oknum

oleh

Bewarajabar.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menanggapi kritik kepada Polri yang akhir-akhir ini marak terjadi. Listyo kemudian bicara soal munculnya tagar #PercumaLaporPolisi hingga #1Hari1Oknum yang kini tengah ramai di media sosial.

Melansir dari kanal YouTube Divisi Humas Polri, Listyo menyebut fenomena itu sebagai bentuk penilaian masyarakat terhadap institusi Polri.

“Banyak sekali fenomena yang muncul di media sosial, yang tentunya ini juga menjadi bagian yang harus dicermati,” ujarnya.

Listyo menyampaikan hal tersebut saat memberikan pengarahan dalam rapat koordinasi analisis dan evaluasi Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Listyo juga meminta kepada para jajaran pengawasan, agar bisa menangkap fenomena tersebut kemudian menjadikannya sebagai bahan evaluasi.

Selain itu, lanjut Listyo, dia juga membahas soal munculnya fenomena “No Viral No Justice”.

Fenomena tersebut berarti jika sebuah kasus tidak viral maka hukum tidak berjalan.
Listyo menilai hal itu membuat warganet berpikir bahwa kasus yang viral akan cenderung selesai dengan lebih cepat.

Hal tersebut, tentu juga menjadi fenomena yang perlu dievaluasi terkait mengapa bisa terjadi. Listyo kemudian meminta agar seluruh jajarannya bisa menerima persepsi-persepsi masyarakat tentang kinerja kepolisian.

Menurut Listyo, pihaknya harus bisa menjadikan kritik dari masyarakat untuk memperbaiki diri, berbenah, serta memberikan yang lebih baik.

Listyo menuturkan hal tersebut tentunya juga untuk memenuhi harapan dari masyarakat itu sendiri.

Editor: Rian Andrian

Sumber: YouTube Divisi Humas Polri, nasional.okezone.com