RW 08 Kebongedang Ciptakan Posyandu Multifungsi Lewat Pentahelix

oleh

Bewarajabar | Bandung – Masih dalam rangkaian Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) hingga September 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengunjungi Posyandu Melati 2 RW 08 Kebongedang Kecamatan Batununggal pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Lokasi ini merupakan posyandu multifungsi yang menjadi juara 1 dalam penilaian posyandu terbaik se-Kota Bandung pada Juli silam.

Kemudian, pada Oktober mendatang, Posyandu Melati 2 RW 08 Kebongedang akan mewakili Kota Bandung pada perlombaan tingkat provinsi.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap, posyandu ini bisa menjadi role model bagi posyandu lain di Kota Bandung.

“Dengan sistem posyandu multi fungsi, mudah-mudahan bisa terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Bandung. Dengan begitu kita bisa mengurangi risiko penyakit pada anak-anak dan bayi ke depannya,” harap Yana.

Sebab Yana mengakui, jika kegiatan imunisasi anak sempat tertunda selama pandemi melanda. Maka, BIAN kali ini perlu dioptimalkan dengan maksimal agar seluruh anak yang belum memenuhi imunisasi lengkap, bisa segera terfasilitasi.

Merespon fenomena ini, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK), Yunimar Mulyana menuturkan, tingkat presentase imunisasi Kota Bandung menang masih tergolong rendah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bandung, persentase BIAN sampai Rabu, 10 Agustus 2022 telah mencapai 22,12 persen.

“Mohon bisa menyasar ibu-ibu yang mempunyai anak, tapi belum lengkap imunisasinya. Manfaatkan kegiatan BIAN ini dengan optimal agar anak-anak bisa mendapatkan hak kesehatannya,” ucap Yuni.