Evaluasi SAKIP, Yana Beberkan Capaian dan Target Pembangunan

oleh

Bewarajabar | Bandung – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyatakan, evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerinrah (SAKIP) menjadi input perbaikan akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi.

“Era vuca atau volatility, uncertainty, complexity dan ambiguity adalah masa yang perubahannya sangat cepat, tidak terduga dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol. Hal ini dirasakan di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung,” bebernya saat Evaluasi SAKIP di Balai Kota Bandung, Kamis 11 Agustus 2022.

Evaluasi SAKIP diikuti oleh jajaran tim Kemenpan RB melalui virtual.

Yana mengatakan, pada masa pandemi ini segala perubahan harus dapat dikelola untuk memberikan yang terbaik bagi kemaslahatan masyarakat Kota Bandung.

“Kami telah membuat Rencana Perubahan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi,” ujarnya.

Sejak dilantik sebagai wali kota pada 18 April 2022, Yana telah bertekad untuk mempercepat proses pembangunan infrastruktur. Semua itu untuk menunjang proses percepatan pemulihan ekonomi dengan sisa masa jabatan hingga September 2023.

“Pada tahun 2020 laju pertumbuhan ekonomi Kota Bandung minus 2,28. Pemkot Bandung beserta semua pihak memberikan bantuan sosial juga kemudahan kesempatan untuk memulihkan keadaan kesehatan dan juga ekonomi kepada masyarakat,” tuturnya.

“Alhamdulilah tahun 2021 laju pertumbuhan ekonomi di angka 3,76 dan signifikan juga terhadap kenaikan indeks pembangunan manusia diangka 81,96. Ini menunjukan perbaikan hasil dari berbagai program bantuan sosial dan kemudahan akses kesehatan serta pendidikan,” beber Yana.