Sampah di Pasar Banjaran Mencapai 650 Ton, Asep Kusumah: Ini Diluar Sampah Pasar

oleh

Kab. Bandung, BewaraJabar — Sampah harian yang dibuang ke lahan kosong di sekitar Pasar Banjaran Kabupaten Bandung mencapai 30 meter kubik.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusumah berdasarkan hitungan di lapangan.

Asep Kusumah pun menjelaskan sampah-sampah tersebut bukan dari area pasar dan sudah diangkut hampir 650 ton.

“Itu di luar sampah pasar. Makanya, ketika kita melakukan opsih dan sudah berjalan tiga hari, sudah diangkut hampir 650 meter kubik atau ton. Diharapkan, hari Jumat (25/2/2022) ini bisa tuntas semuanya sampah diangkut ke TPA Sarimukti,” kata Asep Kusumah di Soreang, Jumat (25/2/2022).

Asep Kusumah berharap pengangkutan sampah di Pasar Banjaran tuntas pada Jumat ini, sesuai dengan yang ditugaskan oleh Bupati Bandung HM Dadang Supriatna.

“Diharapkan, hari ini (Jumat, red) tuntas,” katanya.

Untuk mengangkut sampah di Pasar Banjaran itu, Asep Kusumah mengatakan, pihaknya pada Kamis (24/2/2022) mengerahkan 50 dump truck, 5 unit tronton.

Untuk melayani tronton, pihaknya menurunkan alat berat wheel loader, dan diturunkan juga wheel loader yang kecil, yang masih bisa mengangkut material sampah untuk dimuat ke dump truck.

“Harapan kami, pada hari ketiga ini, setelah disidak oleh Bupati Bandung, pengangkutan sampah tuntas hari Jumat ini.Sampah baru juga diupayakan tuntas hari ini. Kita juga koordinasi dengan Kadis Perdagangan dan Perindustrian untuk menentukan titik buang, titik pembatas antara sampah baru dan sampah lama, untuk penempatan sampah yang paling tepat di mana. Ini tantangan kita untuk melakukan edukasi kepada masyarakat,” harapnya.