Segera, KOPDAR Gubernur dengan Instansi Vertikal di Wilayah Jabar

oleh

BANDUNG, Bewarajabar.com — Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja memimpin Rapat Sinergitas Pembangunan Nasional antara Pemerintah Provinsi dan Instansi Vertikal Wilayah Jabar di Ruang Rapat Papandayan, Gedung Sate, Jumat (28/2/20).

Agenda rapat tersebut, salah satunya mengumumkan Komunikasi Pembangunan Daerah (KOPDAR) gubernur bersama pimpinan instansi vertikal wilayah Jabar yang rencananya digelar pada Kamis, 19 Maret 2020.

Dalam pidatonya, Setiawan berujar bahwa KOPDAR setiap triwulan yang sudah berlangsung selama ini ditujukan bagi kepala daerah 27 kabupaten/kota se-Jabar. Untuk itu, KOPDAR pertama bagi instansi vertikal dirasa perlu demi menyinergikan program pembangunan Jabar.

“Forum antara perangkat daerah dengan instansi vertikal wilayah menjadi penting (karena) bisa bahu-membahu agar Jabar lebih baik lagi,” kata Setiawan.

Selain itu, lanjut Setiawan, sinergitas pembangunan antara pemerintah daerah dan instansi vertikal juga menjadi hal krusial untuk memanfaatkan bonus demograsi di periode 2011-2035 menuju Indonesia Emas.

“Saat ini, Jabar mulai memasuki bonus demografi di mana usia produktif lebih banyak. Usia produktifnya hampir 65 persen dari total 49 juta penduduk,” kata Setiawan.

“Jadi peran pemerintah provinsi sebagai wakil pemerintah pusat di daerah dalam sinergitas dengan instansi vertikal adalah terkait data base, pengawasan, pelaporan, dan pengendalian,” tambahnya.

Setiawan juga berbicara mengenai visi dan misi Jabar, program prioritas pembangunan, sumber kolaborasi pendanaan pembangunan Jabar, hingga investasi.