Soal Hadiah Rp95 Ribu, Bupati Pandeglang Kesal dan Copot Kadispora dari Jabatannya

oleh

Bewarajabar.com – Bupati PandeglangIrna Narulita mencopot jabatan Dadan Saladin sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) imbas dari pemberian hadiah Rp95 ribu kepada atlet pemenang Bupati Cup Pandeglang 2021.

Irna mengatakan, Dadan Saladin dipecat karena sudah mencoreng nama baiknya sebagai Bupati.

“Sudah saya berikan peringatan tadi, copot Kadispora,” kata Irna saat memberikan hadiah tambahan kepada atlet di Setda Pandeglang, Senin, 20 Desember 2021 dilansir dari Kompas.com

Sebelum itu, Irna juga telah memarahi Dadan secara langsung pada acara apel pagi, Senin, 20 Desember 2021. Ia meluapkan amarah terhadap Dadan dan mengatakan bahwa Dadan telah mencoreng namanya.

Pada kesempatan tersebut, Irna juga mengatakan bahwa acara Bupati Cup digelar tanpa sepengetahuannya. Maka dari itu, ia pun sangat kesal dan marah kepada Dadan.

“Anda salah, yang ditampar (kena) Bupati, lolos juga tuh kegiatan Bupati Cup, nyaho henteu Bupatina (tahu juga engga bupati sama acara itu), komo ke teknis-teknis hadiah (apalagi soal teknis hadiah), yang tolol itu bupatinya? atau yang tolol kadis mencoreng nama baik bupati,” ujar Irna.

Lebih lanjut, Irna juga meminta Inspektorat untuk melakukan audit kegiatan Bupati Cup tersebut. Menurutnya, perlu dilakukan penelusuran terhadap kegiatan yang telah menghabiskan anggaran sebesar Rp150 juta itu karena Dispora hanya menyisihkan Rp30 juta untuk hadiah.

Irna pun mencoba mengalokasikan dari anggaran Rp150 juta itu. Menurutnya, jika senilai Rp80 atau Rp100 juta dialokasikan untuk hadiah dan Rp50 juta untuk hadiah masih memungkinkan.

Maka dari itu, ia pun menyimpulkan bahwa ada alokasi yang salah dari anggaran Rp150 juta tersebut.

Inspektorataudit! Rp150 juta, hadiah Rp80 (juta), Rp100 juga oke, Rp50 juta kegiatannya. Ulah loba ngabatina (jangan banyak-banyak nyari untung),” katanya.

Atas hal itu, Irna pun mengatakan akan melakukan pemecatan pada Kadispora Pandeglang. Tak hanya kepala dinas (kadis), ia juga mengaku akan memindahkan pejabat dispora lainnya yang ikut mengambil peran dalam gelaran Bupati Cup tersebut.

“Saya pastikan akan copot jabatannya karena sudah mencoreng nama baik saya. Pejabat yang menjadi penanggung jawab acaranya (juga) nanti akan saya geser, akan saya pindahkan selain Kadispora,” ujar Irna dilansir dari CNN Indonesia, Selasa, 21 Desember 2021.

Menanggapi hal itu, Dadan mengaku pasrah dengan keputusan yang akan diambil sang bupati. Ia pun mengaku salah karena telah menggelar acara tersebut tanpa sepengtahuan Bupati, Irna Narulita.

“Ya copot-copot saja, rezeki, ajal sudah ada ketentuannya dari Allah, hanya bagaimana kita menyikapinya,” kata Dadan.

“Ya saya pasrah, memang salah saya tidak ada pemberitahuan ke beliau. Saya percayakan ke anak buah,” pungkasnya.

Editor: Rian Andrian

Sumber: