Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Jabar Simulasi Penanganan Ancaman Bom di PLTU Palabuhanratu 

oleh

Sukabumi, bewarajabar.com – Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jabar, melakukan simulasi penanganan bom di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palabuhanratu Sukabumi Jawa Barat, Minggu, 31/10/2021.

Simulasi antisipasi tentang temuan bom yang berada dikantor PLTU. Dalam latihan tersebut mensimulasikan tentang adanya suara ledakan mesin yang berada di Kantor PLTU, lalu ketika mengecek seluruh bagian kantor diduga adanya temuan barang yang diduga Bom dan melaporkan kepada Polsek setempat untuk melaporkan kepada Unit Jibom Den Gegana l, untuk melaksanakan olah TKP dan Sterilisasi hingga menjinakkan benda yang diduga bom yang diletakkan di PLTU Palabuhanratu.

“Meskipun Simulasi Penanganan bom tersebut merupakan latihan kesiapsiagaan Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jabar, dalam mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan” Ujar Kasubden Jibom AKP Sanhaji.

Dalam latihan tersebut mensimulasikan ada ancaman bom di PLTU Palabuhanratu. Simulasi dimulai dengan adanya ledakan dari Mesin PLTU yang meledak lalu ketika ditelusuri oleh pihak PLTU, diwaktu yang sama menemukan barang yang diduga bom dan melaporkan kepada Polsek Palabuhanratu dan melaporkan kembali kepada Polres Sukabumi menerima laporan ada berupa barang yang diduga bom.

Ketika menerima laporan dari Polres Sukabumi bahwa adanya barang yang diduga bom, Unit Jibom Detasemen Gegana dikerahkan menuju PLTU karena menerima laporan ada benda mencurigakan. Unit Jibom menuju ke lokasi dengan mengerahkan 2 Unit mobil dan 1 Unit Jibom

Unit Jibom Detasemen Gegana dengan peralatan lengkap melakukan pengecekan terhadap benda yang mencurigakan tersebut, menggunakan alat X-Ray Vidisco.Anggota Jibom yang menggunakan body armour atau Explosive Ordnance Disposal (EOD 9) akan meledakkan benda mencurigakan itu.

Hasil dari proses penembakan X-Ray yaitu benar adanya rangkaian bom, lalu Unit Jibom melakukan penanganan penjinakan bom itu, Anggota Polres Sukabumi bertugas mengimbau masyarakat yang ada di sekitar lokasi PLTU Palabuhanratu untuk menjauh demi keamanan.

“Jadi prosedur penjinakan bom dari Unit Jibom Den Gegana, kami melakukan pemeriksaan kepada saksi-saksi,” Ucap Aiptu Engkus Kusnadi Panit penugasan Jibom.

Ditempat terpisah saat dikonfirmasi Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menuturkan “kegiatan latihan ini sangat berguna untuk mengetahui cara penangan yang Aman apa bila ada hal yang tidak di inginkan, untuk mencegah terjadinya korban jiwa maupun materi,”  Imbuhnya.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan, “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat, ” pungkasnya.**