UPI Gelar Seleksi Pilmapres Tingkat Universitas Tahun 2020 Secara Daring

oleh

Bandung, Bewarajabar.com — Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Universitas mulai 2 Juni hingga 4 Juni 2020 secara Dalam Jaringan (Daring). Ketua Pelaksana Pilmapres yang juga Direktur Kemahasiswaan UPI Dr. Mupid Hidayat, M.A., dalam laporannya menyampaikan bahwa rangkaian pelaksanaan kegiatan Pilmapres diawali pada seleksi tingkat Program Studi, seleksi tingkat Fakultas dan UPI Kampus di Daerah, dan akhirnya telah terpilih 16 peserta Pilmapres yang meliputi 13 peserta dari program Sarjana dan 3 Peserta dari program Diploma.

“Hadirnya Covid-19 di Indonesia berdampak pada penundaan berbagai kegiatan-kegiatan yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) termasuk salah satunya adalah Pilmapres Tahun 2020, sehingga pelaksanaan Seleksi Pilmapres Tahun 2020 dilakukan secara daring,” ungkapnya.

Kendati demikian, lanjutnya, kegiatan Pilmapres Insyaa Allah tidak akan mengurangi esensi dari kegiatan yang sudah dirancang dan disusun oleh panitia. Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Pilmapres tingkat universitas ini masih berjalan walaupun di masa pandemic-19, tidak lupa kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak dan seluruh panitia yang telah bekerja secara Keras, bekerja Cerdas, bekerja Ikhlas, dan mudah mudahan sampai Tuntas.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Prof. Dr. H. M. Solehuddin, M.Pd., M.A., selaku Wakil Rektor bidang Akademik dan kemahasiswaan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilmapres kali ini dilaksanakan dalam kondisi yang tidak normal dan tidak seperti biasanya. Apresiasi juga disampaikan olehnya.

Lebih lanjut dikatakannya,”Kepada pemenang mahasiswa mahasiswi berprestasi yang telah lolos dan berhasil menjadi wakil dari Fakultas dan UPI Kampus di Daerah, diharapkan hal ini menjadi indikator kesuksesan mahasiswa berprestasi di masa depan baik dalam bidang Akademik maupun non akademik. Saya sampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu panitia yang telah bekerja keras walaupun dalam situasi pandemic, semoga proses–proses yang kita jalani ini tidak mengurangi sisi kualitas, harapannya nanti akan terpilih mahasiswa berprestasi dalam program sarjana dan diploma.

Belajar dari pengalaman masa lalu, lanjutnya, diharapkan panitia dapat menggunakan pengalaman sebaik-baiknya untuk memilih siapa perwakilan yang dianggap representatif mewakili UPI di Tingkat Nasional baik dalam program sarjana dan diploma. Calon yang telah terpilih diharapkan ada upaya–upaya yang maksimal untuk lebih siap berkompetisi di tingkat Nasional, karena tidak mungkin mahasiswa berprestasi dilakukan secara instan dapat terwujud, tetapi sudah melalui pelbagai proses yang terencana, tersusun, dan terpola dengan baik.

Hal serupa disampaikan Sekretaris Pelaksanaan Seleksi Pilmapres tahun 2020 yang juga Kepala Divisi Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan UPI Dr. Sandey Tantra Paramitha, S.Si., M.Pd., disampaikannya,”Seleksi Pilmapres tingkat Universitas ini mengikuti pola seleksi yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta merupakan salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa. Pelaksanaan Pilmapres tahun 2020 akan digelar pada hari Selasa – kamis, Tanggal 2 – 4 Juni 2020 secara dalam jaringan (daring). Teknis pelaksanaan seleksi Pilmapres tingkat universitas hari pertama meliputi tes kepribadian (CBT), Leaderless Group Discussion (LGD), Kemampuan Bahasa Inggris (Reading, essay, dan Oral Presentations), dan Wawasan Kebangsaan (CBT).

Sedangkan hari kedua, ungkapnya lagi, akan dilaksanakan bidang ektrakurikuler dimana bertujuan untuk mengklarifikasi, mengeksplore, dan mengkonfirmasi Prestasi yang sudah diraih oleh peserta Mahasiswa berprestasi baik dari unsur akademik, non akademik dan yang lainnya. Sementara itu, hari ketiga akan dilaksanakan Rapat Pleno untuk menetapkan dan memutuskan hasil seleksi Pilmapres sebagai perwakilan representatif dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan bahwa UPI akan tetap menyelenggarakan pembinaan pada mahasiswa terpilih dan melakukan upaya intervensi-intervensi dengan tujuan untuk mematangkan calon peserta Pilmapres yang akan berlaga di tingkat Nasional.

Nure (Nurhamidah)***