Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun Berjalan Lancar, dr Rosye: Tidak Divaksin Bisa Menjadi Sumber Penyebaran

oleh
Pemkot Bandung akan Berikan Kekuasaan pada Orang Tua Terkait Izinkan Anak untuk Ikuti PTMT

Bandung, BewaraJabar — Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Rosye Arosdiani Apip menyampaikan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun berjalan dengan aman dan lancar.

Rosye mengatakan, data terakhir mencatat sebanyak 51.303 anak usia 6-11 tahun sudah divaksin atau sebesar 22,93 persen dari target populasi.

“Vaksinasi terus dilaksanakan oleh Dinkes untuk mendukung PTM di Kota Bandung,” ujarnya Selasa 3 Januari 2021.

Ia menyatakan, sejauh ini, belum ada laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dialami oleh anak-anak 6-11 tahun.

Selain vaksinasi, Dinkes juga turut memantau PTM dengan menindaklanjuti jika ada siswa sekolah yang mengalami demam, sesak nafas dan lain-lain yang gejalanya mengarah pada infeksi Covid 19.

“Selama ini orang tua juga turut mendukung anak-anaknya untuk menerima vaksinasi, mungkin masih ada orang tua yang belum setuju anaknya divaksin karena anaknya sedang sakit dan lain-lain. Tapi kami belum menerima laporan orang tua yang benar-benar menolak anaknya divaksinasi Covid-19,” ulasnya.

Rosye menyampaikan, pandemi Covid-19 belum berakhir, maka vaksinasi pada anak adalah hal yang harus dilakukan, karena selain memberikan perlindungan pada anak juga untuk memperlancar PTM dan *mencegah penularan Covid 19 pada kelompok rentan lainnya di rumah.

“Jika anak tidak divaksin maka bisa menjadi sumber penyebaran, vaksinasi adalah bentuk perlindungan pada anak,” imbuhnya.