Veteran: Kobarkan Jiwa dan Nilai-nilai Kejuangan 1945

oleh

Bewarajabar | Bandung – Menjelang Hari Kemerdekaan, para veteran berharap generasi saat ini selalu mengorbarkan jiwa dan nilai-nilai kejuangan 1945.

Hal itu diungkapkan para vetaran saat memperingati Hari Veteran Nasional di Kantor LVRI Kota Bandung, Jalan Aceh, Rabu 10 Agustus 2022.

Ketua LVRI Kota Bandung, Padmo Notowisasto mengatakan, masa saat ini situasi jauh berkembang pesat. Segalanya tumbuh dengan dinamis dan kompleks. Hal itu bisa menyebabkan muncul berbagai ancaman, baik militer atau non militer.

Hal itu harus menjadi tanggung jawab seluruh elemen rakyat saat menghadapi ancaman tersebut.

“Penanaman nilai sadar bela negara ditopang kekuatan TNI. Komponen utama pertahanan negara, kunci kekuatan menghadapi masuknya potensi ancaman,” ujarnya.

“Kekuatan identitas jati diri bangsa membangun persatuan dan kesatuan komponen bangsa,” tutunya

Menurutnya, memperingati Hari Veteran Nasional merupakan momen untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Peringatan Hari Veteran Nasional juga untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949 setelah para Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia melawan Tentara Belanda.

“Tema peringatan ini Membangun Indonesia yang Sejahtera didasari Oleh Jiwa Semangat dan Nilai Nilai Kejuangan 45. Tema ini mengajak kita untuk terus membantu Indonesia dengan memanfaatkan komponen bangsa para veteran indoensia, hidup sejahtera dengan menerapkan semangat prajurit 45 yang telah berkorban jiwa dan raga demi Indoensia,” ungkapnya.