Yana: BUMD Harus Berkontribusi Terhadap Pemulihan Ekonomi

oleh

Bewarajabar | Bandung – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menjadi garda terdepan dalam proses pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Yana saat menghadiri Evaluasi realisasi program kerja dan rencana kerja tahun 2022 BUMD di lingkungan Pemerintah Kota Bandung di Hotel Grand Mercure Bandung, Selasa, 26 April 2022.

“Dengan melihat pandemi yang mulai melandai, kita dapat memulai proses pemulihan ekonomi. Trigernya ada di teman-teman BUMD,” kata Yana.

Yana mengatakan, harus ada kolaborasi antar BUMD yang ada di Pemerintah Kota Bandung. Menurutnya, kolaborasi dapat meningkatkan potensi bisnis masing-masing BUMD.

“Jika potensi bisnis di antara keempat BUMD yang ada di Kota Bandung dilaksanakan secara optimal, dapat mendongkrak pertumbuhan perusahaan masing-masing,” kata dia.

Dia menyontohkan potensi kolaborasi antara BPR Kota Bandung dengan PD. Pasar Juara. Dengan adanya data 17.000 pedagang di PD Pasar Juara, bila keuangannya dikelola Bank Bandung maka dapat menjadi market yang potensial.

“Kalau ada kolaborasi, mudah-mudahan bisa memberikan hal yang positif,” ujarnya.

Optimisme tersebut bukan tanpa evaluasi, menurut Yana saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dihasilkan oleh empat BUMD Kota Bandung belum sesuai harapan.

Untuk itu, dia mengatakan harus ada peningkatan kinerja dari setiap BUMD untuk bisa berkontribusi pada peningkatan PAD.

Yana mengatakan, bila masih ada BUMD yang tidak maksimal, akan dipertimbangkan untuk dibubarkan.