Yayasan AIR Kota Bandung: Dari Residivis, Pelatihan, Hingga Thailand

oleh
Yayasan AIR Kota Bandung: Dari Residivis, Pelatihan, Hingga Thailand

Bewarajabar.com – Siapa yang masih memberikan stigma negatif kepada para residivis atau mantan narapidana? Sepertinya Anda harus mengenal Yayasan Anugerah Insan Residivis (AIR) Kota Bandung.

Yayasan ini terbentuk pada tahun 2018. Namun kegiatannya telah dirintis sejak tahun 2000an.

Yayasan ini dibangun untuk menjadi tempat pembinaan dan pelatihan para mantan napi. Pada saat ini Yayasan AIR berada di Jalan Caringin, tetapi kantor utamanya berada di Jalan Terusan Jamika.

Anggota Yayasan AIR Kota Bandung, yang tercatat saat ini berjumlah lebih kurang 500 orang.

 

Yayasan AIR bukan hanya menjadi tempat pembinaan dan pelatihan saja, tetapi juga menjadi wadah curhat dan sharing sesama mantan napi, untuk saling memotivasi dan melanjutkan hidup yang lebih baik.

Karena orang yang baru saja bebas dari lapas biasanya rentan, bingung mencari pekerjaan, dan bingung akan berbuat apa agar tidak melakukan hal yang sama kembali.

Memiliki tagline “Dari Residivis Bisa Berkarya, Produktif, dan Kreatif” tagline tersebut selalu disampaikan kepada kawan mantan napi, bahwa residivis pun bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Yayasan AIR bukan hanya membantu para mantan napi saja, tetapi juga membantu masyarakat.

 

Yayasan juga memiliki beberapa divisi, seperti Divisi Olahraga, Kebudayaan, PKBN, LPKS, dan beberapa divisi lainnya. Yayasan AIR saat ini terbuka bukan hanya untuk para mantan napi saja tetapi untuk semua masyarakat.