10 Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Wilayah Jawa Barat Cocok Dijadikan Destinasi Libur Tahun Baru Keluarga

oleh
10 rekomendasi tempat wisata di wilayah Jawa Barat yang bisa dijadikan destinasi liburan akhir tahun keluarga (Kolase tangkapan layar Mekarsari.com)

Bewarajabar.com – Jawa Barat salah satu propinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya dan banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari pantai, gunung, taman nasional dan lainnya bisa dijadikan destinasi tempat wisata di libur akhir tahun dengan keluarga.Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang populer di Jawa Barat yang telah Giwangkara rangkum dari berbagai sumber.

1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman nasional ini terletak di daerah Cibodas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Ditetapkan pada tahun 1980, taman nasional ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia
Destinasi taman nasional ini memiliki hutan tropis yang indah dengan beragam jenis flora dan fauna yang unik.

2. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari merupakan tempat agrowisata buatan seluas 264 ha yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Taman ini merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati terbesar di Indonesia sekaligus juga tempat penelitian budidaya.
Taman ini merupakan tempat wisata yang menyajikan beragam jenis buah-buahan yang dapat dikunjungi dan dicicipi oleh pengunjung.

3. Air Terjun Cikaso

Air Terjun Cikaso, adalah merupakan salah satu air terjun yang menawarkan pemandangan yang indah dengan air yang jernih.
Terletak di selatan Kabupaten Sukabumi. Air terjun ini juga dikenal sebagai Curug Luhur, tetapi nama Curug Cikaso lebih dikenal masyarakat sekitar dikarenakan aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso yaitu Sungai Cicurug.

4. Pantai Pangandaran

Salah satu tempat wisata pantai favorit di priangan timur yakni Kab. Pangandaran.
Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih, sehingga menjadi tempat yang cocok untuk berenang, bersantai, atau belanja ikan laut.

5. Museum Geologi Bandung
Museum ini terletak di Bandung, Jawa Barat. Museum ini merupakan tempat wisata yang menyajikan koleksi batuan, mineral, dan fosil yang ada di Indonesia.

6. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman hutan ini terletak di daerah Dago Pakar, Bandung. Taman ini merupakan taman hutan yang terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 87 hektare yang menyajikan beragam jenis flora dan fauna yang unik.

7. Taman Wisata Alam Maribaya
Taman wisata ini terletak di daerah Lembang, Kabupaten Bandung. Taman wisata ini menyajikan beragam aktivitas yang menyenangkan, seperti berjalan-jalan di hutan, menyusuri sungai, dan lainnya.

8. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari adalah tempat wisata keluarga yang berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Taman wisata ini merupakan tempat wisata yang menyajikan beragam aktivitas menyenangkan, seperti berjalan-jalan di hutan, menyusuri sungai, dan lainnya.

9. Gunung Papandayan

Gunung ini terletak di daerah Garut, dan merupakan gunung berapi yang memiliki ketinggian sekitar 2.665 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini merupakan salah satu gunung terpopuler di Jawa Barat untuk mendaki.
10. Gunung Halimun Salak

Gunung Halimun Salak merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Lebak.

Gunung dengan ketinggian sekitar 1.929 mdpl ini merupakan gunung tertinggi di Provinsi Banten dan termasuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

 

Berita ini sebelumnya pernah tayang di https://www.giwangkara.com/ragam/pr-856266224/10-rekomendasi-tempat-wisata-populer-di-wilayah-jawa-barat-cocok-dijadikan-destinasi-libur-tahun-baru-keluarga