Antisipasi Meluapnya Debit Air Sungai Talun, Brimob Jabar Lakukan Patroli Siaga SAR

oleh

Cirebon, bewarajabar.com – Curah hujan tak menentu menjadi konsentrasi tersendiri, bagi Brimob Cirebon dalam menghadapi berbagai kemungkinan bencana alam terutama banjir dan longsor. Berbagai upaya telah dilaksanakan oleh personil Brimob Cirebon, untuk mencegah bencana tersebut, salah satunya dengan memonitor perubahan debit air serta cek dan ricek peralatan yang terletak di Pintu Air Sungai, Senin, 27/12/2021.

Anggota Kompi 2 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar Bharatu Joko, melaksanakan giat pengecekan debit air di sungai Cirebon girang Talun kab. Cirebon, antisipasi Banjir di wilayah Desa, intensitas hujan yang tinggi dalam seminggu terakhir di Kabupaten Cirebon, untuk mengantisipasi terjadinya musibah banjir Satuan Brimob Kompi 2 Batalyon C Pelopor, melaksanakan patroli ke sejumlah sungai dan juga bendungan untuk cek debit air antisipasi banjir.

Danki 2 Iptu Roni Yudiansyah,S.H memerintahkan anggotanya untuk monitoring debit air di wilayahnya masing-masing, agar jika terjadi musibah banjir maka segera waspada dan dapat terdeteksi sehingga bisa diambil langkah-langkah antisipasi penanganan banjir secara cepat.

“Dengan memantau debit air, apabila terjadi banjir di wilayah Cirebon dapat segera diantisipasi dan perlengkapan SAR disiapkan untuk upaya evakuasi,” Ujarnya

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono S.I.K., saat dikonfirmasi mengatakan bahwa,” Sebagai bentuk Bakti Brimob kepada masyarakat, jajaranya akan terus melakukan upaya pemantauan perkembangan potensi bencana banjir. Selain itu, kami juga mengharapkan kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan apabila curah hujan datang cukup deras karena hal tersebut dapat berpotensi terjadinya bencana banjir.”

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan, “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.**