Bandung Jadi Kota Terbaik untuk Pelajar di Indonesia

oleh

Bewarajabar | Bandung – Kota Bandung masuk dalam daftar kota terbaik untuk para pelajar di dunia. Hal itu berdasarkan survei penilaian dari Quacquarelli Symonds (QS) melalui skema QS Best Student Cities 2023 yang dirilis pada 29 Juni 2022.

Jika dibandingkan dengan kota besar lainnya yang juga masuk dalam daftar ini, Kota Bandung menempati posisi teratas kota terbaik untuk pelajar di Indonesia dengan total skor 39.4.

Dari 140 kota yang masuk dalam daftar kota pelajar terbaik di dunia versi QS, Bandung menempati peringkat 120 dunia.
Disusul Jakarta yang berada di peringkat 124 dunia dengan total skor 37.5 dan Surabaya pada posisi 126 dunia dengan total skor 37.2.

Kota Bandung bahkan lebih baik dari Rio de Janeiro Brasil yang berada di peringkat 121 dan ibu kota India, New Delhi (peringkat 129).

Melalui laman websitenya topuniversities.com merilis, kota yang masuk ke dalam pemeringkatan QS Best Student Cities merupakan kota dengan jumlah penduduk paling sedikit 250 ribu jiwa dan memiliki dua universitas terbaik yang masuk dalam pemeringkatan QS World University terbaru.

Beberapa indikator penilaian kota terbaik untuk pelajar yang dibuat QS antara lain:

1. University Rankings

Pada kategori ini, penilaian dilakukan berdasarkan banyaknya universitas di kota tersebut yang masuk ke dalam pemeringkatan QS World University Rankings.