Cegah Penyebaran PMK, Pemkot Bandung Terus Lanjutkan Vaksinasi Hewan Ternak

oleh

Bewarajabar | Bandung – Untuk mencegah penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut (PMK), Pemkot Bandung terus memvaksin hewan ternak.

Kali ini, vaksinasi dilaksanakan di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo, Rabu 29 Juni 2022.

Vaksinasi ini menyasar 10 sapi di lokasi tersebut. Setelah sebelumnya melakukan vaksinasi di Babakan Ciparay sebanyak 66 sapi dan Kecamatan Arcamanik sebanyak 2 sapi.

Sehingga total ada 78 sapi yang telah divaksin dari total 200 vaksin yang diberikan di seluruh Kota Bandung.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyebut, vaksinasi ini sebagai upaya pencegahan penyakit PMK dan bisa menyakinkan masyarakat bahwa hewan tersebut sehat dan layak.

“Kita tetap pakai pendekatan prioritas di peternakan supaya tidak ada lagi keraguan, bahwa hewan tersebut benar benar sehat. Kita memberikan keyakinan bahwa hewan tersebut layak,” ucap Ema.

Ema mengatakan, hewan yang diperiksa di lokasi tersebut sudah dalam kondisi baik dan layak.

“Di sini sehat semua ya, tadi ada sapi pedet, sapi potong dan limosin,” kata Ema.

Terkait dengan jumlah vaksin, Ema mengaku masih belum ideal. Ia mengatakan, kuota vaksinasi merupakan kewenangan pemerintah pusat dan provinsi.

“Kalau dari kebutuhan ideal ini masih jauh, karena di Bandung ada ribuan sapi. Kita tetap pakai pendekatan prioritas,” katanya.

“Kita sedang berupaya meminta tambahan, kalau berbicara kebutuhan kita ini masih kurang. Dengan dosis yang lebih banyak jangkauan vaksinnya lebih luas,” lanjutnya.