Visi Pendidikan Anak Usia Dini: Membawa Rahmat Bagi Seluruh Alam

oleh
Visi-Pendidikan-Anak-Usia-Dini-Membawa-Rahmat-Bagi-Seluruh-Alam
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Bewarajabar.com – Perbaikan generasi dimulai dari pendidikan, yang dimulai dengan pendidikan sejak usia dini. Sehingga, penyiapan guru sebagai pendidik menjadi hal penting dilakukan, termasuk penyiapan guru PAUD.

Terkait ini, beberapa waktu lalu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Ineu Purwadewi Sundari melakukan sosialisasi tentang 4 Pilar Kebangsaan kepada para guru yang tergabung dalam Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) di Kabupaten Sumedang.

Rupanya, zaman nirkabel sekarang ini, menjadi tantangan tersendiri bagi pendidikan generasi. Kehidupan global tanpa batas, bak pisau bermata dua, bisa membawa pengaruh positif dan negatif.

Tentu yang dikhawatirkan adalah pengaruh negatif, dimana saat ini, kehidupan berada dalam arus kapitalisme liberal, yang menjadikan kebebasan menjadi hal yang dianggap biasa. Budaya barat dan timur, seolah menjadi tidak ada beda.

Sebagai contoh, dahulu perilaku gay seperti yg dilakukan artis Barat Elton John dianggap menyimpang. Namun kini, perbuatan menyimpang tersebut malah diikuti oleh banyak selebritis tanah air, akibat terbawa arus liberalisme.

Di sisi lain, pendidikan zaman kini tidak bisa dipaksakan untuk berfikir dan berbuat sempit, dibatasi oleh batas-batas primordialisme. Seperti perkataan sayyidina Ali bin Abi Thalib: “didiklah anakmu sesuai zamannya.”

Oleh karena itu, penyiapan guru PAUD harus bermula dari paradigma yang mendasarinya, yang akan dibangun di atasnya berbagai sudut pandang dan langkah nyata.