Dansat Brimob Jabar Beserta Jajaran, Panen Hasil Program Ketahanan Pangan

0
Dansat Brimob Jabar Beserta Jajaran, Panen Hasil Program Ketahanan Pangan
Dansat Brimob Jabar Beserta Jajaran, Panen Hasil Program Ketahanan Pangan

Lembang,bewarajabar.com — Undang – Undang No. 18 Tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan, bahwa penyelenggaraan pangan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil, merata dan berkelanjutan berdasarkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan,(19/06/2020).

Ketahanan pangan merupakan penemuan dunia modern, secara prosentase lebih banyak produsen pangan di masa lalu ketimbang masa kini, kebutuhan pangan di dunia semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di dunia.

Bertambahnya penduduk bukan hanya menjadi satu – satunya permasalahan yang menghambat untuk menuju ketahanan pangan nasional, tetapi berkurangnya lahan pertanian yang dikonversi menjadi pemukiman dan lahan industri telah menjadi ancaman dan tantangan tersendiri, bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang mandiri dalam bidang pangan.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., mengajak seluruh jajaran untuk melaksanakan program pemerintah, tentang ketahanan pangan sebagai wujud dari bakti Brimob Jabar untuk masyarakat yaitu dengan memanfaatkan lahan kosong di masing – masing Detasemen / Batalyon se – Jawa Barat, menjadi sebuah taman atau tempat bercocok tanam yang disebut Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Kali ini Dansat Brimob Jabar berkunjung ke Mako Batalyon B Pelopor yang beralamatkan di Jl. Raya Tangkuban Perahu No. 598, Cikole – Lembang, Kab. Bandung Barat, dimana sudah ada taman KRPL yang merupakan hasil kerja keras dari seluruh jajaran Batalyon B Pelopor dipimpin oleh Danyon B Pelopor AKBP Sarly Sollu, S.I.K., M.H., guna menjalankan program dari pemerintah tentang ketahanan pangan dan sebagai bukti bakti Brimob.

“Kami sudah melaksanakan program dari pemerintah mengenai ketahanan pangan dan seluruh jajaran Satuan Brimob Polda Jawa Barat, sudah mempunyai Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) termasuk tanaman sayuran yang nantinya akan diberikan selain kepada keluarga kita juga kepada masyarakat yang membutuhkan, ini merupakan suatu bentuk dari bakti Brimob Jabar untuk masyarakat, kami tidak henti – hentinya untuk memberikan yang terbaik dan menjadi pelindung , pengayom dan pelayan kepada masyarakat Jawa Barat”, terang Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., kepada media saat ditemui di lokasi.

Kegiatan panen yang dilakukan oleh jajaran Satbrimob Polda Jabar di Mako Batalyon B tersebut, merupakan hasil panen yang kedua, dimana panen yang pertama adalah pada awal – awal bulan Juni.

Sebelum meninggalkan lokasi, Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., kembali berpesan kepada jajaran dan media bahwa, “Kita harus sama – sama merawat serta menjaga dengan baik apa yang sudah kita bangun dan kita tanam di taman KRPL ini sebagai program ketahanan pangan dan wujud dari bhakti Brimob Jabar untuk masyarakat”. (Q’Bull)**

Tinggalkan Balasan