Deteksi Dini Bencana Banjir, Brimob Polda Jabar Cek Debit Air Antisipasi Bencana Alam Banjir

oleh

Cirebon, bewarajabar.com – Guna memberikan rasa aman dan nyaman serta antisifasi bencana alam banjir, Kompi 2 Batalyon C Pelopor Satbrimobda Jabar Brigadir Yogi Indra melaksanakan Patroli Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, serta mengecek debit air di Bendungan Cirebon Girang, Kec.Talun, Kab. Cirebon, Selasa, 09/11/2021.

Dalam pengecekan tersebut, anggota patroli Brigadir Yogi Indra memastikan, bahwa air di Bendungan Cirebon Girang masih dalam keadaan normal. Kondisi debit air sesuai daerah atas Kab. Kuningan diguyur hujan lumayan lebat kemari, tidak mengalami peningkatan debit air yang berarti, masih dalam taraf normal.

Diharapkan apabila hujan turun lebat, air di Bendungan Cirebon Girang tidak sampai meluap ke daratan hingga ke pemukiman penduduk, maupun area persawahan dan juga jalan raya. Namun warga masyarakat agar tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam.

Dalam kesempatan tersebut Brigadir Yogi Indra juga menyampaikan, kepada petugas pintu air apabila sewaktu waktu terdapat kenaikan debit air yang signifikan, agar segera melaporkan kepada instansi terkait dalam hal ini pihak kepolisian untuk diambil tindakan lebih lanjut.

Ditempat terpisah Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mengatakan, “Jajaranya akan terus memantau perkembangan potensi bencana banjir dan tanah longsor, sebagai wujud Bakti Brimob kepada masyarakat. Disampaikan juga salah satu cara untuk mencegah meluapnya air saat musim penghujan tiba, yaitu dengan memastikan tidak ada sumbatan dialiran-aliran saluran air baik berupa sampah maupun pohon-pohon tumbang yang tidak segera dibersihkan sehingga menghambat arus air sungai,” tambahnya.

Dengan begitu diharapkan kepada masyarakat agar tidak membuang sisa-sisa limbah maupun sampah ke sungai, karena selain mengakibatkan pencemaran air juga menjadi penyebab utama banjir, untuk itu diperlukan kesadaran dan partisipasi dari masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing.**