Team SAR Brimob Jabar Terjun Langsung Bersihkan Material Banjir Bandang Di Kabupaten Garut

oleh

Garut, bewarajabar.com – Banjir Bandang kembali terjadi di Kabupaten Garut tepatnya di Kampung Cilegong, Desa Sukalillah, Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut, telah memutuskan  jembatan yang merupakan akses jalur antar desa dan mengisolir sekitar 1.200 jiwa ditambah material lumpur, batu dan kayu yang menerjang beberapa rumah warga desa, Selasa, 09/11/2021.

Untuk itu jajaran Satbrimob Polda Jabar menerjunkan 1 Team SAR bergabung dengan Satgas penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Garut, untuk membantu masyarakat membersihkan material banjir dan membuat jembatan darurat agar bisa dilalui kemnali oleh masyarakat.

Team SAR Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar dipimpin oleh 2 Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar Ipda Hendarman, mengawali kegiatan dengan melaksanakan apel gabungan yang dipimpin langsung oleh Danramil Cisurupan Kapten Inf. Iyus Rustandi.

Selanjutnya Team SAR dibagi 2 Ploting, yaitu membantu melaksanakan pembersihan Material Banjir Bandang yang merusak 8 rumah bersama personil Dalmas Polres Garut, Koramil Cisurupan, BPBD, Satpol PP, Baguna, dan Dishub dibantu juga oleh masyarakat sekitar.

Sementara sebagian personil membantu pembuatan Jembatan Darurat, sebagai akses jalan sementara agar masyarakat desa terdampak bisa terhubung dengan Desa tetangga.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., saat ditemui di tempat terpisah mengatakan, salah satu dari wujud dari Bhakti Brimob Polda Jabar untuk Masyarakat, adalah dengan siap bergerak melaksanakan kegiatan pembersihan Material Banjir Bandang dan pembuatan Jembatan Darurat yang menghubungkan kembali akses antar Desa.

” Saya berharap Satgas penanggulangan Bencana yang terdiri dari Brimob, Polres Garut, TNI, Baguna, BPBD, Satpol PP, Dishub dan Masyarakat sekitar dapat menyelesaikan tugas kemanuasiaan yang diemban, agar dapat membantu masyarakat kembali beraktifitas seperti sedia kala,” ujarnya.

Team SAR Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar dipimpin Ipda Hendarman dibagi menjadi 2 Team, bergabung dengan Satgas Penanggulangan Bencana Kabupaten Garut, membersihkan dan membantu membuat jembatan sementara sebagai akses jalan penghubung  antar desa.

” Personil Brimob sendiri dibekali dengan peralatan dan perlengkapan yang memadai dari kesatuan guna membantu korban terdampak banjir bandang, ini merupakan wujud dari bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat, ” tegas Kombes Pol. Yuri Karsono.**