Dukung Perekonomian Desa Melalui Program Desa Digital 2.0

oleh
bank bjb Mendukung Program Desa Digital 2.0

Bewarajabar | Bandung – Demi pemerataan kesejahteraan masyarakat, bank bjb mendukung pengembangan perekonomian desa melalui Program Desa Digital 2.0 dengan pemanfaatan teknologi.

Program Desa Digital 2.0 menjadi perhatian bank bjb karena desa adalah sebuah aglomerasi permukiman dengan berbagai mata pencaharian warga dan latar belakang yang memiliki potensi ekonomi besar yang perlu dikembangkan.

“bank bjb memiliki komitmen untuk senantiasa mendorong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di desa. Hal tersebut salah satunya dilakukan melalui program digitalisasi desa,” ungkap Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Potensi dari ekonomi digital di Indonesia sangat besar. Berdasarkan data Google, Temasek, dan Bain & Company 2020, total ekonomi digital Indonesia pada 2020 adalah US$ 44 juta atau setara Rp 631 triliun, dan akan meningkat pada 2025 menjadi US$ 124 atau setara Rp 1.744 triliun.

Lewat program Desa Digital 2.0, bank bjb berupaya untuk medorong digitalisasi dalam sejumlah proses administrasi dan layanan keuangan di desa. Sehingga, masyarakat dapat mengakses berbagai fasilitas penunjang kesejahteraan dengan lebih leluasa.

Terdapat empat fokus hal yang dikembangkan bank bjb dalam program Desa Digital 2.0, yakni peningkatan akses internet dan fasilitas keamanan, layanan perbankan, pembiayaan kredit dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Hal-hal tersebut dirangkum dalam pembangunan sejumlah fasilitas, di antaranya seperti WiFi Zone, security monitoring center, bank sampah, dan sebagainya.