Dukung UMKM, Yana Perintahkan SKPD dan BUMN Belanja Produk Lokal

oleh
Dukung UMKM, Yana Perintahkan SKPD dan BUMN Belanja Produk Lokal

Bewarajabar | Bandung – Untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Plt Wali Kota Bandung akan memerintahkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMN) untuk berbelanja produk lokal.

“Kita buat surat edaran untuk meminta SKPD terkait dan BUMD menggunakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal Kota Bandung yang ada di e-katalog,” kata Yana saat peresmian Galeri Patrakomala Dekranasda Kota Bandung, Sabtu 26 Maret 2022.

“Kita bisa jadi tuan rumah bagi produk UMKM Kota Bandung yang sangat variatif ini, mulai dari craft, makanan, fesyen, semuanya ada. Tinggal pemerintah bisa membantu lewat business matching,” imbuhnya.

Salah satu caranya melalui e-katalog yang merupakan aplikasi belanja online yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP).

Aplikasi ini menyediakan beragam macam produk dari berbagai komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Yana memaparkan, saat ini baru ada 200 ribu produk yang baru masuk ke e-katalog dari seluruh Indonesia.

Sedangkan, dari pemerintah pusat sendiri menargetkan di bulan Mei harus ada 1 juta produk UMKM yang bergabung ke e-katalog.

“Ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi. Mudah-mudahan Kota Bandung bisa mulai persiapan untuk masuk ke e-katalog. Kita dorong siapapun yang passionnya ingin jadi pengusaha. Insyaallah pemerintah hadir dengan meningkatkan kualitas teman-teman UMKM Kota Bandung,” ungkapnya.