Ganjil Genap Dinilai Efektif Kurangi Volume Kendaraan yang Ingin Masuk ke Bandung

oleh
Ganjil Genap Dinilai Efektif Kurangi Volume Kendaraan yang Ingin Masuk ke Bandung

Bandung, BewaraJabar — Hari ini kebijakan ganjil genap diberlakukan di 5 gerbang tol (GT) Bandung, hal itu kelihatannya efektif untuk mengurangi volume kendaraan wisatawan luar kota yang akan pergi berlibur ke Bandung.

“Alhamdulilah hasil pemantauan dari kemarin, hari Jumat sampai sekarang kita bisa menekan laju atau jumlah kendaraan yang masuk dari luar Bandung khususnya dari Jakarta 10 persen menekannya,” ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung saat memantau pelaksanaan ganjil genap di GT Pasteur, Sabtu (4/9/2021).

Penurunan 10 persen tersebut dilihat dari jumlah kendaraan yang masuk ke Bandung dibanding pekan lalu sebelum penerapan ganjil genap. Berdasarkan data yang diperoleh, kata Aswin, kendaraan dalam satu hari Jumat kemarin dan Jumat pekan lalu penurunan hingga 10 ribu kendaraan.

“Kalau biasanya 60 ribuan masuk Bandung hari Jumat saja, kemarin kita kurasi hanya 50 ribuan. Jadi 10 persen bisa kita tekan,” tuturnya.

“Hari ini Insya Allah lebih banyak lagi yang bisa kita tekan untuk tidak terlalu banyak masuk kendaraan ke Bandung,” kata Aswin menambahkan.

Dari lima GT yang menerapkan ganjil genap, sambung Aswin, GT Pasteur dan Buahbatu dinilai sebagai jalur favorit warga luar Kota Bandung untuk masuk ke Bandung.
“Di sini Pasteur dan GT Buahbatu yang paling kita konsentrasikan,” kata dia.

Aswin menambahkan penerapan ganjil genap ini semata-mata guna menekan mobilitas yang berujung pada penekanan laju COVID-19 di Bandung. Apalagi kasus COVID-19 di Bandung saat ini sudah melandai dan berada di level 3.

“Untuk saudara-saudara kami yang ingin ke Bandung ya mohon bersabar ini dalam rangka menekan meningkatnya angka COVID-19 jadi program dari Pemkot Bandung bersama TNI dan pori kami melaksanakan tugas menghambat laju kendaraan supaya tidak padat di Bandung,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP M Rano Hadianto menambahkan hingga pukul 10.00 WIB tadi sudah ada lebih dari 200 kendaraan yang diputarbalik petugas.

“Hari ini sampai pagi ini kendaraan yang diputar balik lebih banyak daripada hari kemarin. Sampai pukul 10.00 WIB sudah 232 kendaraan diputar balik di gerbang tol Pasteur oleh petugas karena tidak sesuai dengan tanggal sekarang yaitu tanggal genap,” kata dia.