Garda Depan Corona 8 Puskesmas di Kota Bandung Terima Bantuan APD

oleh

Bandung, Bewarajabar.com — Delapan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Bandung menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan vitamin dari Rumah Yatim Area Jawa Barat, Kamis (16/4). Bantuan ini untuk memberikan rasa aman bagi tenaga medis di Puskesmas yang menjadi pintu pertama deketsi pasien suspek Corona.

Kedepalan Puskesmas tersebut diantaranya ialah Puskesmas Cijagra, Puskesmas Antapani, Puskesmas Arcamanik, Puskesmas Gumuruh, Puskesmas Babakan Ciparay, Puskesmas Sukajadi, Puskesmas Ibrahim Adjie, dan Puskesmas Padasuka.

“Mereka menjadi pintu awal dan garda depan tersebut otomastis para medis di Puskesmas juga harus ditunjang dengan alat yang berstandar,” tutur Hamdani Shaleh, Manager Rumah Yatim Jabar, Jum’at (17/4).

Ia menjelaskan, jika para tenaga medis tidak ditunjang dengan alat yang berstandar lengkap dikhawatirkan akan terpapar Corona lebih banyak. Minimal, kata dia, para garda depan di Puskesmas bisa meminimalisir saat menangani pasien khusus Corona.

“Khawatir kalo sakit (tenaga medis) tidak ada yang jaga garda terdepan,” ucapnya.

Hingga Kamis 16 April 2020 Pukul 20:23 WIB laman covid19.bandung.go.id mencatat jumlah terkonfirmais positif sebanyak 101 orang dengan 25 diantaranya meningggal dunia. Selain itu, sebanyak 2.716 bertatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 358 berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

red/rls