Gema Doa Mengalir dari Jabar untuk Emmeril

oleh
Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta kepada warga Kota Bandung untuk mendoakan Emmeril Khan Mumtadz

Bewarajabar.com – Anak sulung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss.

Doa dari kalangan pejabat dan masyarakat di Jabar pun menggema untuk keselamatan Eril.

Tim SAR atau penyelamat Swiss terus mengupayakan pencarian Eril. Proses pencarian pun diperluas dibandingkan hari pertama kejadian.

Sementara itu, masyarakat dan kalangan pejabat terus berdoa untuk keselamatan Eril.

Ribuan jemaah salat Jumat di Masjid Baiturrahman Kabupaten Tasikmalaya menggelar doa bersama untuk keselamatan putra sulung Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare.

Selain dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, Puluhan Tokoh Agama dan para Kiai Tasikmalaya hadir.

Doa bersama tersebut dipimpin oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Tasikmalaya, KH Dede Syaeful Anwar.

Lantunan ayat suci dan solawat dibacakan jemaah dengan khidmat. Beberapa orang terlihat sambil menundukan kepala.

“Mari kita doakan anak Kang Emil segera ditemukan selamat dan sehat. Mari baca surat Adduha.”Ucap KH. Dede Syaeful Anwar, saat memimpin doa.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meminta doa pada jemaah agar putra sulung Ridwan Kamil selamat dalam musibah yang menimpanya.

“Ya saya sudah komunikasi dengan ajudan pribadi nya RK, sampai hari dan detik ini anaknya beliau belum diketemukan. Setidaknya sampai Jumat siang,” kata Uu Ruzhanul Ulum, Wagub Jabar di lokasi yang sama.

Uu pun meminta agar seluruh masyarakt jawa barat menggelar doa bersama di hari yang mustajab.

“Untuk meminta doa dari para jemaah salat Jumat dan melaksanakan doa bersama agar putra dari pak RK ditemukan selamat dan sehat walafiat. Kami minta seluruh masyarakat Jabar doakan anak Pimpinan kita agar ditemukan selamat,” ujar Uu.

Dia meyakini melalui doa dari jemaah dan para kiai serta masyarakat ini mudah-mudahan mustajab dan dikabulkan oleh Allah SWT.

“Berdoa di hari Jumat dipimpin oleh kiai, di maqom atau tempatnya di masjid insya Allah akan di ijabah oleh Allah SWT,” ujar dia.

Dia pun meminta kepada seluruh masyarakat Jawa Barat mohon doa untuk keselamatan putra dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Karena kami yakin doa dari masyarakat Jawa Barat doa yang terbaik baik putra pak Gubernur. Saya kenal Emmeril dia di saat ada acara, difoto bersama, anaknya kalem, pendiam dan kelihatan cerdas,” ungkap dia.

Doa dari Daerah

Doa pun mengalir dari berbagai kepala daerah di Jabar, yang mendoakan agar Eril bisa kembali ditemukan dalam keadaan selamat tanpa ada kekurangan satu pun.

Salah satunya, doa datang dari Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

“Bismillah, mohon doanya dari semuanya, baru saja menerima kabar, Emmeril Khan Mumtadz putra bapak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dilaporkan hilang saat berenang di sungai Aare Bern, Swiss pada Kamis siang kemarin,” tulis @cellicanurrachadiana dalam unggahan instagram pada, Jum’at (27/5/2022).

Cellica juga berharap anak sulung RK bisa ditemukan selamat.

“Kami berharap tim pencarian bisa menemukan Emmiril Khan Mumtadz dengan selamat,” harapnya, dikutip dari detik.com.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata pun mengucapkan doa yang serupa, ia pribadi dan masyarakat Pangandaran turut mendoakan agar Eril bisa ditemukan dengan selamat.

“Ya saya dan seluruh masyarakat Pangandaran ikut mendoakan agar putra beliau cepat diketemukan dalam keadaan selamat,” kata Jeje kepada detikJabar melalui pesan WhatsApp.

Selain itu Jeje juga mengajak warga Pangandaran turut mendoakan agar putera sulung Ridwan Kamil ditemukan dalam kondisi selamat.

“Insya Allah doa banyak orang akan dikabulkan, apalagi sekarang hari Jumat. Hari yang baik untuk berdoa,” ucapnya.

Di tempat berpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Pangandaran Kusdiana, menyampaikan, sudah menerima informasi dari Sekda Jabar untuk doa bersama.

“Saat ini pemkab Pangandaran akan doa bersama secara virtual, sudah kami terima link zoomnya, saya share ke masing-masing OPD,” katanya.

Terpisah, Bupati Majalengka Karna Sobahi pun berharap agar Eril, yang diketahui tengah mencari beasiswa untuk kuliah S2-nya itu bisa ditemukan.

“Iya, saya sudah dapat kabar itu dari grup WhatsApp Kepala Daerah se-Jawa Barat,” katanya, Jumat (27/5/2022).

Ia berharap putra sulung Gubernur Jabar ini segera ditemukan dalam kondisi selamat.

“Saya mendoakan semoga anak beliau (Gubernur Jabar) segera ditemukan. Tentunya dalam keadaan selamat,” ujar dia menambahkan.

Kemudian, Bupati Subang Ruhimat, turut menyampaikan rasa duka yang mendalam serta doa atas musibah yang menimpa Eril.

“Saya Bupati Subang Ruhimat atas nama pribadi dan Pemda Subang turut prihatin atas musibah yang menimpa Ananda Emmeril Kahn Mumtadz Putra Sulung Gubernur Jabar, Ridwan Kamil,” ujar Ruhimat, Jumat (27/5/2022).

Dalam kesempatan ini, Ruhimat menyampaikan, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT, untuk memudahkan segala kesulitan umatnya.

Sementara itu, Ruhimat juga mengajak semua masyarakat Subang untuk berdoa bersama untuk keselamatan Emmeril putra sulung Gubernur Jawa Barat itu.

“Mari kita berdoa bersama agar segera ditemukan dalam keadaan sehat,” katanya.