Harta Orang-Orang Terkaya China Turun Anjlok! Inilah 10 CrazyRich China yang Mengalami Jatuh Miskin

oleh
Ilustrasi. (Istockphoto)

Bewarajabar.com – Pada tahun 2021 orang terkaya di China telah mengalami penurunan harta kekayaan pada tahun 2021. Mereka tidak benar-benar jatuh miskin, hanya saja harta yang mereka miliki mengalami penurunan yang signifikan.

Hal ini dikarenakan dari kerasnya kebijakan Presiden Xi Jinping kepada konglomerat perusahaan digital.

Dilansir dari detik.com, akibat kebijakan yang diterbitkan orang nomor satu di China itu, saham raksasa internet Pinduoduo kehilangan hampir dua pertiga nilainya sepanjang 2021 hingga 10 Desember.

Sementara saham Alibaba Group anjlok hampir 50% selama periode yang sama. Perusahaan-perusahaan di sektor digital tersebut dijegal oleh ketatnya serangkaian undang-undang dan denda baru pemerintah China terkait keamanan data dan praktik monopoli.

Berikut 10 CrazyRich China yang mengalami “jatuh miskin“ pada tahun  2021:

1. Colin Zheng Huang (China)

  • Penurunan kekayaan: US$ 40,2 miliar
  • Kekayaan bersih: US$ 22,4 miliar

Galaknya pemerintah China kepada perusahaan digital sangat merugikan pendiri platform e-commerce Pinduoduo itu. Dia kehilangan 64% kekayaannya di 2021 karena saham Pinduoduo turun dengan jumlah yang hampir sama.

2. Jack Ma (China)

  • Penurunan kekayaan: US$ 21,4 miliar
  • Kekayaan bersih: US$ 37 miliar

Ma, yang pernah menjadi orang terkaya di China menjadi korban aturan Xi Jinping. Regulasi China menggagalkan IPO yang direncanakan oleh Ant Group senilai $35 miliar pada November 2020. Kemudian mereka memukul Alibaba yang didirikan oleh Ma dengan denda US$ 2,8 miliar pada bulan April sebagai hukuman antimonopoli tertinggi yang pernah diterapkan di China.