Jelang Ramadan, Diskar PB Kota Bandung Siaga Tanggap Bencana

oleh
Plt Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana

Bewarajabar | Bandung – Saat Ramadan risiko kebakaran muncul lebih tinggi. Hal itu acap terjadi karena kelalaian saat memasak menjelang sahur.

Maka dari itu, Plt Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana mengimbau warga lebih hati-hati dan teliti saat beraktivitas di dapur.

“Saat puasa Ramadan, jam mengelola masak pun akan ada perubahan. Untuk antisipasinya Diskar PB bekerja sama dengan kewilayahan mengimbau agar warga lebih waspada lagi terkait perangkat masaknya,” ucap Gun Gun di sela-sela Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Penanggulangan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan di Hotel Grandia Kota Bandung, Selasa 29 Maret 2022.

Gun Gun mengimbau agar warga memastikan kompor dalam keadaan aman jika akan melaksanakan tarawih dan sahur.

“Pastikan Gas Elpiji tidak nyala, lebih bagus selalu cek selang dan regulator gas agar tidak ada kebocoran,” imbaunya.

Di luar itu, Diskar PB berterima kasih atas koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak saat menghadapi tanggap kebencanaan.

Gun Gun menjelaskan, koordinasi upaya penyelamatan dan pemadaman tidak hanya menjadi tugas utama Diskar PB saja tetapi semua pihak turut berperan aktif agar Kota Bandung selalu aman.

“Diskar PB selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan aparat Kewilayahan, Camat, Lurah, dan seluruh jajarannya ataupun OPD yang berkaitan dengan kita,” katanya.

“Polrestabes, Dandim, Satpol PP, Dishub dan perangkat lain yang berperan aktif dan berkontribusi dalam upaya penyelamatan,” imbuhnya.