Kembalikan Seragamku

H. Jaenudin, S.Sos

Bewarajabar.com – Pasca, Satuan Pengamanan ( Satpam) berganti seragam dari putih biru, menjadi coklat mirip seragam anggota. Entah siapa yang mempunyai ide tersebut. Saya mengetahui seragam Satuan Pengamanan ( Satpam) mirip seragam Polri,ketika ada seminar yang dilaksanakan disalah satu Hotel terkenal di Jl. Asia Afrika Bandung dan masuk di Wilayah Lengkong pada tahun 2021.

Ketika itu Kapolri, masih dijabat oleh Jenderal Polisi Drs.Idham Azis, MM. Dan Baharkam dijabat oleh Komjen Agus Ardianto. Dalam benak penulis sempat berpikir kenapa seragam Satpam berbaju coklat? Padahal sepengetahuan penulis, pernah dulu Kepolisian Republik Indonesia ( Polri) , berganti seragam, mirip polisi Thailand, namun tidak berumur lama, akhirnya berbalik lagi kepada seragam coklat.

Kemudian pada tahun 2021 ada semacam gagasan polisi akan mengikuti standar internasional model seragam Kepolisian New York Amerika Serikat. Putih Biru, justru terbalik seragam satuan pengamanan menjadi seragam Polri. Hasil pengamatan penulis ada beberapa aspek yang merugikan dan menguntungkan.

Pertama, dari segi fhisikologis, bagi anggota kepolisian khususnya polisi remaja baik polisi laki-laki atau polisi wanita ( Polwan), mereka menyampaikan unek- uneknya, kalau mau ke Mall, atau tempat lainnya merasa minder karena takut dikatakan Satpam, apalagi jika memakai jaket, penulis yang merupakan anggota polisi, sejak jaman pemerintahan Presiden Soeharto, bahwa seragam coklat, merupakan seragam khas Polri.