Terlalu Mirip Seragam Polisi, Kompolnas Setuju Warna Seragam Satpam Diubah Menjadi Krem

oleh
Terlalu Mirip Seragam Polisi, Kompolnas Setuju Warna Seragam Satpam Diubah Menjadi Krem
Benny Jozua Mamoto, ketua Kompolnas (Detik.com/Ronaldo)

Bewarajabar.com – Warna seragam satpam yang semula berwarna coklat muda akan diganti menjadi krem, hal tersebut dilakukan karena warna seragam satpam yang dinilai terlalu mirip dengan seragam polisi.

Dilansir dari Detik.com, Kamis (13/1/2022), Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sudah setuju soal pergantian warna seragam satpam tersebut.

“Saya setuju bila dilakukan evaluasi dan kemudian warna diganti supaya terlihat jelas perbedaan satpam dan polisi,” ujar Ketua Kompolnas RI Irjen (Purn) Benny Jozua Mamoto.

Benny mengatakan, kesamaan warna tersebut kerap membuat masyarakat bingung. Terlebih menurutnya telah banyak video beredar terkait kesulitan dalam membedakan satpam dan polisi.

“Kesamaan seragam membuat bingung masyarakat. Sudah banyak contoh video yang beredar tentang masyarakat sulit membedakan satpam dan polisi,” tuturnya.

Benny sendiri mengaku sejak awal dirinya tidak setuju seragam satpam dibuat mirip dengan polisi. Menurutnya, bila ingin menghargai satpam dapat dilakukan dengan memperhatikan hak bukan seragam.

“Saya pribadi sejak awal tidak setuju bila seragam satpam disamakan dengan polisi. Kalau ingin memuliakan profesi satpam, bukan dengan menyamakan warna seragam.

Tetapi lebih tepat bila memperhatikan tentang hak, kompetensi, pembinaan karier, serta profesionalismenya,” kata Benny.