Muslim Harus Tahu, Batasan Waktu ‘Sepertiga Malam’

oleh

Bewarajabar.com – Muslim harus tahu tentang awal malam dan sepertiga malam yang dimaksud ini.

Bagi kamu yang rajin tahajud atau sholat qiyamul lail, biasanya sholat jam berapa? Pahalanya sama gak sih kalau sholat di waktu itu?

Atau jangan-jangan kalian salah dalam menentukan waktu Sholat!

Waduh, udah ngantuk-ngantuk dan mencoba untuk lebih dekat sama Allah tapi ternyata salah waktu sholatnya. Waktu shubuh malah di pake tahajud.

Nah, supaya kamu tidak salah dalam menentukan waktu sholat qiyamul lail coba cek dulu beberapa hadits di bawah ini.

Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa ”Pada tiap sepertiga malam terakhir Allah turun kelangit dunia lalu Ia Berfirman:

“Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.”.

“Setiap malam Allah turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia pun berkata, “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang ia minta? Adakah hambaku- yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?.”

Hadits, riwayat Al Bukhari nomor 1145 dan Muslim nomor 758.muslimah-shalat-tahajud-_13

Hadits Aisyah radhiyallahu’anha, beliau berkata,

مِنْ كُلِّ اللَّيْلِ أَوْتَرَ رَسُول اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ أَوَّلِ اللَّيْلِ وَأَوْسَطِهِ وَآخِرِهِ وَانْتَهَى وِتْرُهُ إلَى السَّحَرِ