Polresta Bandung Gelar Rapid Test Antigen Bagi Calon Wisatawan di Ciwidey

oleh

Kab. Bandung, bewarajabar.com – Untuk mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi serta meminimalisir penyebaran covid-19, Polresta Bandung Polda Jabar menggelar Rapid Test Antigen bagi para calon wisatawan, yang hendak menuju sejumlah objek wisata di kawasan Ciwidey dan Rancabali, Kabupaten Bandung, Kamis (24/12/2020).

Pemeriksaan dilakukan dimulai dari penyortiran kendaraan bernomor kendaraan luar daerah, seperti dari Jakarta, Bogor, bahkan kota-kota dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, di pintu gerbang objek wisata alam Kawah Putih. Satu persatu penumpang kemudian diarahkan menuju tenda, untuk dilakukan Rapid Test Antigen oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung dan Dokpol Polresta Bandung Polda Jabar.

Usai di cek, para calon wisatawan kemudian harus menunggu hasil test nya di dalam kendaraan selama lima belas hingga tiga puluh menit. Jika hasil test menunjukkan non-reaktif, maka calon wisatawan diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanannya ke objek wisata yang ditujunya. Namun, apabila hasil test menunjukan reaktif, calon wisatawan harus di isolasi terlebih dahulu di tenda khusus, sebelum nantinya dilakukan swab test.

Astri Wiyani, salah satu calon wisatawan asal Malang, Jawa Timur, mengaku cukup terbantu dengan adanya Rapid Test Antigen ini, karena sebelum menuju ke Bandung, dirinya beserta sejumlah rekannya harus mengeluarkan sejumlah uang untuk melakukan Test Antibody. “Iya merasa terbantu, soalnya gratis juga. Kemarin sebelum kesini kita test antibody dan bayar Rp. 225.000,” ujarnya.