Ridwan Kamil Jenguk Jemaah Haji Jabar yang Sakit Stroke

oleh

Bewarajabar | Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga Amirul Hajj Jabar kembali mengunjungi penginapan jemaah haji asal Jabar di Hotel Suad Palace dan Dar Hasan Hotel, Bandung, Rabu (6/7/2022) malam waktu setempat.

Selain menyapa para jemaah, Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– menjenguk sekaligus menyemangati salah satu jemaah asal Subang, Winingsih, yang sedang terbaring karena stroke.

“Salah satu jemaah Haji asal Subang Jawa Barat yang sedang mendapatkan ujian. Saya jenguk dan semangati semalam. Beliau sakit terkena stroke saat di tanah suci, yang membuatnya tidak mampu bergerak sehingga tidak bisa melaksanakan lanjutan ritual ibadah haji,” tulis Kang Emil di akun pribadi instagramnya.

“Untungnya, Islam memberikan kemudahan atau rukhsah kepada mereka yang berhalangan. Tim Haji Jawa Barat sudah mengantisipasi hal-hal ini, dengan menyiapkan personel pengganti Ibu Winingsih dengan syariat yang disebut Badal Haji atau dihajikan. Insya Allah, pulang ke tanah air tetap dengan predikat Hajjah yang menyempurnakan rukun islam ke-5 nya,” imbuhnya.

Selain itu, Kang Emil juga berbincang-bincang dengan para jemaah haji asal Jabar sekaligus menyantap bakso dan bala-bala. Kemudian, Kang Emil juga bertemu dengan pemilik empat hotel yang menjadi penginapan jemaah haji asal Jabar. Pertemuan itu untuk membahas permasalahan air yang sempat terjadi di hotel.

“Ini adalah Mr. Walid. Beliau memiliki empat hotel yang semua disewa oleh rombongan Jawa Barat, Indonesia. Ada komplain sedikit urusan air kemarin. Hari ini, beliau menyampaikan urusan air sudah tertangani. Jadi, itu contoh ada masalah kita respons, pemilik datang langsung,” kata Kang Emil.