Terciptanya Ketahanan Pangan Nasional Yang Kuat Ditengah Pandemi Covid-19, Satuan Brimob Jabar Bina Dan Edukasi Petani

oleh

Cirebon, bewarajabar.com – Bripda Ega Anggota Kompi 1 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, laksanakan kegiatan Binaan pada hari. Dalam kegiatan yang dilaksanakannya tersebut, menyambangi warga di desa binaan Kampung Tangguh yang memiliki lahan pertanian. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini tepatnya di Desa Sampiran, Kec. Talun, Kabupaten Cirebon, Sabtu, 20/11/2021.

Bripda Ega dalam kesempatan tersebut mengajak masyarakat untuk terus bisa selalu berkreasi dan memiliki inovasi, sebagai upaya bentuk ketahanan pangan saat pandemi covid 19 yang kita tidak tahu akan sampai kapan berakhirnya.

Sektor ketahanan pangan merupakan sektor yang penting dan tentunya harus diperkuat selama pandemi ini, akan tetapi bukan dengan cara cepat dan mudah, seperti salah satu contohnya antara lain di sektor pertanian. Mengingat negara kita ini adalah negara dengan jumlah lahan pertanian yang luas, sehingga potensi petanian bisa dikatakan cukup besar potensinya untuk di tengah masyarakat.

Sebagai negara yang memiliki banyaknya lahan pertanian yang luas, potensi petanian di Indonesia ini cukup menjanjikan. Selain itu potensi beras sayuran di negara kita ini tidak bisa kita anggap remeh, melimpahnya sumber daya manusia yang menjadikan pertanian di Indonesia ini sangat mudah untuk diterapkan oleh masyarakat kita dalam rangka ketahanan pangan Nasional.

“Kami mengajak warga masyarakat desa binaan sampiran, Kec. Talun Kabupaten Cirebon. Warga masyarakat disini mayoritas memilih budidaya bertani sebagai salah satu upaya, untuk mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan nasional, selain cukup mudah ini cukup menunjang di kehidupan masyarakat dan resiko kerugiannya kecil dan waktu panennya pun relatif cepat, sehingga warga masyarakat mayoritas memilih bercocoktanam untuk”, jelas Ega.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., saat dihubungi menyampaikan, kampung tangguh yang kami dirikan dan kami bina hingga saat ini, turut mendukung salah satu program pemerintah dalam rangka ketahanan pangan di berbagai bidang seperti sektor pertanian, perkebunan, dan juga peternakan.

” Masyarakat kami himbau dan selalu kami edukasi untuk bisa mengelola dan memanfaatkan lahan mati di desa nya menjadi lahan yang lebih produktif. Sehingga ketahanan pangan di desanya kuat dalam menghadapi pandemi covid 19 yang masih terjadi sampai dengan saat ini”, tutupnya.**