Tingginya Intensitas Hujan, Tim SAR Brimob Jabar Cek Debit Air Sungai

oleh

Cirebon, bewarajabar.com – Tingginya intensitas hujan yang terjadi dalam bulan ini membuat beberapa daerah yang ada saat ini termasuk wilayah rawan bencana, alam seperti banjir dan untuk Cirebon Jawa Barat sendiri yang potensi bencana juga sangat besar, mengingat banyaknya saluran air yang mengaliri wilayah cirebon, Selasa, 07/12/2021.

Dengan situasi ini bripka Diki dan Briptu Yunus Anggota Kompi 1 Batalyon C Pelopor, selaku Tim siaga melaksanakan kontrol dan juga pengecekan debit air sebagai langkah antisipasi bencana banjir di wilayah Kabupaten Cirebon yang masuk ke zona backup Batalyon C Pelopor.

Volume air sungai meningkat akibat intensitas curah hujan yang tinggi sebelumnya ke sungai sehingga tingginya volume air apabila hal ini tidak segera teratasi besar kemungkinan luapan berdampak banjir.

“Dengan cara mengamati arus air yang mengalir dan mengatur pintu air agar terjaganya kesetabilan volume air kepedulian anggota brimob. Ini lah yang membuat Tim siaga SAR Brimob Jabar selain melaksanakan pengecekan juga tetap memberikan keamanan kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai”.

Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol. Yuri Karsono, S.IK menyampaikan, “Masing – masing Komandan Batalyon untuk saat ini harus selalu menyiagakan personilnya dalam rangka tanggap bencana kapan pun dan dimanapun dan selalu berkordinasi dengan instansi terkait, karena untuk saat ini Jawa Barat sedang tinggi-tingginya intensitas curah hujan”, jelasnya.

“Brimob Jabar sendiri untuk saat ini sudah menyiagakan seluruh personil untuk mengantisipasi dan mengevakuasi apabila nantinya terjadi bencana alam di wilayah Jawa Barat. Diharapkan dengan adanya siaga yang dilaksanakan oleh Tim SAR tanggap bencana yang di siagakan oleh Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, terhindar dari banjir yang sering di alami ketika musim hujan”.

Yuri Karsono juga menambahkan, “Kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian Polri serta bentuk Bakti Brimob Polda Jabar terhadap masyarakat”.

“Ini merupakan bentuk Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cirebon dan sekitarnya untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam″, ujar Kombes Pol. Yuri Karsono.**